Senin, 22 Juli 2024

Tim Terpadu Pemkab Deliserdang Periksa Obat dan Makanan Kadaluarsa

Redaksi - Rabu, 12 April 2023 19:00 WIB
182 view
Tim Terpadu Pemkab Deliserdang Periksa Obat dan Makanan Kadaluarsa
(Foto: Dok/Diskominfo Deliserdang)
PERIKSA: Asisten Ekbang Deliserdang Khoirum Rizal bersama Kabag Perekonomian Era Permatasari periksa dagangan yang dijual di sa
Lubukpakam (SIB)
Asisten II Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) H Khoirum Rijal ST MAP melepas Tim Terpadu Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban Obat, Makanan dan Minuman yang Tidak Memenuhi Syarat di Kabupaten Deliserdang, Selasa (11/4).
Tim tersebut dilepas untuk melakukan sejumlah pemeriksaan dan monitoring ke beberapa supermarket/swalayan dan pasar tradisional di beberapa kecamatan di Deliserdang.
Tim terpadu dibagi dua terdiri dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), Polresta Deliserdang dan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Medan.
Tim mulai melaksanakan tugas atau turun ke kecamatan di Deliserdang, mulai Selasa (11/4) sampai Kamis (13/4).
Di hari pertama, Tim I yang dipimpin Asisten II, beranggotakan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Alam (Perekonomian dan SDA) Setdakab, Era Permatasari SH MM ini, melakukan pengawasan dan penertiban di swalayan/supermarket, grosir kebutuhan pokok di Kecamatan Lubukpakam.
Lokasinya, yakni beberapa toko grosir dan swalayan Deli Mas di Komplek Deli Mas Plaza Lubuk Pakam serta Timur Jaya Mart di Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam.
"Tim Terpadu Pemkab Deliserdang ini terbagi dalam dua tim, dengan waktu pelaksanaan selama tiga hari. Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023 Masehi dan diharapkan kepada semua orang yang terlibat di dalam tim untuk menjalankan amanah dan tanggungjawab sebaik-baiknya," katanya.
Disebutkan juga, tim terpadu menemukan produk tidak memiliki label, barang rusak/penyot, kedaluwarsa, tidak memiliki izin dari dinas kesehatan dan BPOM.
"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati dan selalu mengecek kembali produk/barang yang dibeli. Untuk para pedagang, kami menyarankan untuk tidak menjual barang dagangannya yang tidak layak dan menyalahi aturan sekaligus menindaklanjutinya ke distributor untuk menarik produk/barang yang bermasalah ditempat tersebut," minta Asisten II.
Di hari yang sama, Tim II Pengawasan Obat dan Makanan Pemkab Deliserdang melakukan pengawasan dan penertiban obat, makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan di beberapa swalayan/supermarket dan grosir di Kecamatan Batangkuis. (C2/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru