Tim V DPRD SU Minta Gubernur Hentikan Seluruh Kegiatan di RSU Indrapura Batubara


265 view
Tim V DPRD SU Minta Gubernur  Hentikan Seluruh Kegiatan di RSU Indrapura Batubara
Foto Istimewa
Ebenejer Sitorus SE 
Medan (harianSIB.com)
Anggota Tim V DPRD Sumut Dapil Asahan, Tanjungbalai dan Batubara Ebenejer Sitorus meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk segera menghentikan seluruh aktivitas/kegiatan di RSU (Rumah Sakit Umum) Indrapura Kabupaten Batubara, karena hanya membuang-buang anggaran dari APBD Sumut TA 2020.

"Dari hasil Kunker (kunjungan kerja) Tim V DPRD Sumut, kita melihat operasional RSU Indrapura hanya pemborosan anggaran atau dana yang dikucurkan dari Pemprov Sumut terbuang sia-sia," ujar Ebenejer Sitorus kepada wartawan Koran SIB Firdaus Peranginangin, Rabu (23/6/2021) malam, melalui telepon.

Kenapa dikatakan anggaran sia-sia, ujar politisi Partai Hanura ini, karena dana yang dikucurkan melalui APBD Sumut untuk membangun sejumlah fasilitas pendukung di RSU tersebut terkesan asal jadi serta tidak layak digunakan.

"Kita melihat langsung, seluruh ruangan, termasuk kamar pasien (walaupun pasien tidak ada) tergenang air, pembangunan ruangan operasi beserta sejumlah peralatan medis tidak berfungsi. Sementara air, lampu listrik dan AC tetap dibiarkan hidup. Honor dokter spesialis dan seratusan pegawai honor tetap dibayar. Ini namanya pemborosan anggaran," tegas Ebenejer.

Selain itu, tambahnya, pembangunan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) tidak berfungsi, sehingga anggaran yang telah dikucurkan yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah terbuang percuma alias sia-sia.

Dalam kasus ini, Ebenejer meminta aparat penegak hukum untuk menelusuri proses pembangunan dan pengadaan sejumlah fasilitas di RSU Indrapura tersebut, demi transparansinya anggaran serta terciptanya manajemen yang bersih dan bebas dari korupsi.

Ebenejer juga mengusulkan kepada Gubernur Sumut untuk mengevaluasi Kepala UPT Dinas Kesehatan Sumut di Batubara, sekaligus melakukan moratorium anggaran terhadap RSU Indrapura.

"Amburadulnya pembangunan dan pengadaan fasilitas serta peralatan medis RSU Indrapura tidak terlepas dari pengawasan Kepala UPT Dinas Kesehatan Sumut, sehingga kinerjanya perlu segera dievaluasi dan penggunaan anggaran secara keseluruhan harus diaudit total," tegas Ebenejer.(*).

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com