Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Batubara Luncurkan Aplikasi E-Diskopukm


123 view
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Batubara Luncurkan Aplikasi E-Diskopukm
Foto: Dok/Kominfo
LUNCURKAN: Bupati Batubara Zahir didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Arif Hanafiah meluncurkan aplikasi E-Diskopukm di aula rumah dinas Bupati, Rabu (23/11).

Batubara (SIB)

Bupati Batubara Zahir meluncurkan aplikasi E-Diskopukm di Aula rumah dinas Bupati, Rabu (23/11). Aplikasi ini dirancang, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya ekonomi kecil dan menengah.

E-Diskopukm terintegrasi dengan website batubaramart.com untuk membantu menjual produk UMKM Kabupaten Batubara.

Peluncuran aplikasi sekaligus pembukaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) akhir hasil pengkajian dan penelitian terkait penyusunan roadmap percepatan pengembangan koperasi dan UKM Kabupaten Batubara tahun 2022-2031.

Bupati Batubara memaparkan, kesesuaian antara rencana pembangunan jangka menengah daerah (RJPMD) 2019-2023 dengan roadmap yang telah disusun oleh tim peneliti, sehingga terjadi sinkronisasi dalam perencanaan pembangunan daerah disektor ekonomi dan disubsektor koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Batubara Arif Hanafiah mengatakan, kegiatan ini merupakan pemetaan akhir produk unggulan masyarakat dari tiap-tiap desa di Kabupaten Batubara.

Dengan FGD akhir ini, lanjutnya, diharapkan seluruh komponen dan elemen serta stakeholder yang hadir dapat memberikan masukan maupun tanggapan gagasan dan saran terkait potensi-potensi yang belum terpetakan, sehingga menjadi penyempurnaan dalam penyusunan kajian teknis percepatan pengembangan koperasi UKM 2022-2031 di Kabupaten Batubara. (E7/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com