Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Bupati Nisbar Gandeng Investor Perikanan


189 view
Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Bupati Nisbar Gandeng Investor Perikanan
(Foto: harianSIB.com/Evy Daeli)
BERSIHKAN TPI: Bupati Nisbar Khenoki Waruwu sedang membersihkan TPI, Selasa (9/8/2022).

Nias Barat (harianSIB.com)

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menggandeng investor untuk berinvestasi di sektor perikanan yang menjadi komoditas unggulan di Nias Barat.

Hal itu yang dikatakan Khenoki saat meninjau dan memimpin gotong royong di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Sirombu, Selasa lalu.

Khenoki menjelaskan sebagai upaya dan kesungguhan pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian para nelayan, pemerintah telah mendatangkan investor ke Nias Barat dan dalam waktu dekat akan memulai kegiatannya di Nias Barat.

“Yang kita lakukan ini upaya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan nelayan. Investor di bidang perikanan dan kelautan dua kali telah datang berkunjung dan melihat potensi perikanan tangkap di Nias Barat dan dalam waktu dekat akan memulai aktivitasnya," kata Khenoki kepada harianSIB.com, Jumat (12/8/2022).

Dijelaskannya, bangunan TPI yang baru saja dibersihkan, akan direhab dan nantinya dijadikan tempat karyawan dari investor dan juga tempat untuk penjualan ikan.

“Kita ikut membersihkan dan merehab TPI ini sebagai dukungan Pemkab Nisbar, untuk memberi kemudahan kepada investor dalam berinvestasi di daerah kita," katanya .

Khenoki menginformasikan sesuai hasil pembicaraan dan kesepakatan Pemkab Nisbar dengan investor, setelah bangunan TPI dibersihkan dan direhab, mereka akan mengirimkan 5 unit kapal penangkap ikan dengan kapasitas 5 GT.

"Nantinya, investor akan berkolaborasi dan melatih para nelayan di Nias Barat untuk menangkap ikan dengan cara yang lebih modern. Masing-masing kapal akan ikut 5 nelayan," kata Khenoki. (*)

Penulis
: Evy Claudia Shiffer Daeli
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com