Tingkatkan Situasi Kamtibmas, Polres Pematangsiantar Latihan Kesiapsiagaan Pleton Dalmas


145 view
Tingkatkan Situasi Kamtibmas, Polres Pematangsiantar Latihan Kesiapsiagaan Pleton Dalmas
Foto Dok/ Humas Polres Pematangsiantar
Personel Polres Pematangsiantar saat melaksanakan latihan kesiapsiagaan pengendalian massa pleton dalmas di Lapangan Apel Mako Polres Pematangsiantar, Sabtu (23/10/2021).
Pematangsiantar (harianSIB.com)

Dalam rangka meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, Polres Pematangsiantar melaksanakan latihan kesiapsiagaan pengendalian massa pleton dalmas di Lapangan Apel Mako Polres pematangsiantar, Sabtu (23/10/2021).

Plh Kapolres Pematangsiantar AKBP Benni Remus Hutajulu melalui Kabag Ops Kompol Lamin menyampaikan pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota yang bertujuan untuk melatih fisik pada saat menghadapi unjuk rasa dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Pematangsiantar.

Ia menjelaskan, pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya. Pengendalian massa ini ada beberapa tahapan harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan yaitu kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti mobil water canon dan gas air mata yang harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) di lapangan.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian massa serta mampu menerapkannya untuk menyamakan persepsi terkait kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing personel dalam pelaksanaan pengamanan unjuk rasa di lapangan. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com