Tinjau Banjir di Sergai, Deputi Rehabilitasi BNPB Sebut akan Normalisasi Sungai Bedagai Awal Desember 2021


432 view
Tinjau Banjir di Sergai, Deputi Rehabilitasi BNPB Sebut akan Normalisasi Sungai Bedagai Awal Desember 2021
Foto : SIB/Bonny Sembiring
TINJAU : Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansah didampingi Kepala BPBD Provinsi Sumut Abdul Haris Lubis, Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga dan Plt Kalaksa BPBD Sergai Hendri Suharto saat meninjau warga korban banjir di posko pengungsian Dusun I Desa Seirampah, Kecamatan Seirampah, Minggu (28/11/2021) malam.

Sergai (harianSIB.com)


Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jarwansah menyebutkan, pengerjaan normalisasi Sungai Bedagai, di Kecamatan Seirampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai, akan dilakukan pada awal Desember 2021.


"Penanganan banjir di Sergai harus kita lakukan secepatnya," ujar Jarwansah didampingi Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Abdul Haris Lubis, Kepala Dinas PUPR Sergai Johan Sinaga dan Plt Kalaksa BPBD Sergai Hendri Suharto ketika diwawancarai jurnalis Koran SIB Bonny Sembiring, usai meninjau warga korban banjir di posko pengungsian Dusun I Desa Seirampah, Kecamatan Seirampah, Minggu (28/11/2021) malam.


Lebih lanjut Jarwansah mengakui bahwa Indonesia khususnya Provinsi Sumut saat ini tengah dilanda fenomena lanina. Maka dari itu, lanjutnya, beberapa daerah termasuk Sergai mengalami bencana banjir yang berkepanjangan, dan kondisi ini harus diantisipasi serta ditangani oleh seluruh pihak terkait.


"Sebagai bentuk penanganan awal, pekan depan pihak Deputi akan bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS), BPBD Provinsi, PUPR dan BPBD Sergai untuk menurunkan sejumlah alat berat guna menormalisasikan Sungai Bedagai dan memerkuat tanggulnya. Sehingga, ke depannya bencana serupa diharapkan tidak terulang kembali di daerah ini (Serdangbedagai)," ungkap Jarwansah.


Selain itu, Mantan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB-RI ini pun mengimbau warga korban banjir supaya tetap waspada menghadapi situasi cuaca yang tidak menentu dalam beberapa pekan terakhir.


"Semoga, dengan adanya langkah konkret ini, penanganan banjir di Sergai dapat teratasi secara cepat dan tepat, agar masyarakat korban banjir yang mengungsi di posko juga bisa kembali ke kediamannya masing-masing," kata Jarwansah.


Sementara itu, Kadis PUPR Johan Sinaga menyatakan, Pemkab Sergai siap mendukung penuh proses normalisasi Sungai Bedagai yang rencananya akan dimulai beberapa hari ke depan.


"Kiranya, setelah Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB turun langsung meninjau kondisi banjir di Sergai, proses pengerjaan normalisasi sungai dapat dilakukan segera, demi meminimalisir terjadinya bencana banjir di masa-masa mendatang," harapnya. (*)

Penulis
: Bonny Sembiring
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com