Tinjau Gebyar Vaksinasi Merdeka, Marsekal Hadi: Vaksin Kurang, Segera Lapor ke Gubernur Sumut


128 view
Tinjau Gebyar Vaksinasi Merdeka, Marsekal Hadi: Vaksin Kurang, Segera Lapor ke Gubernur Sumut
(Foto: harianSIB.com/Leo Bukit)
DAMPINGI: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau  vaksinasi untuk para pedagang di Pasar Induk Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (17/9/2021). 
Medan (harianSIB.com)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Gebyar Vaksinasi Merdeka, di Pasar Induk Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (17/9/2021).

Panglima dan Kapolri bersama rombongan disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wali Kota Medan Bobby Nasution. Usai meninjau vaksinasi, Panglima dan Kapolri juga berdiskusi secara virtual dengan personel TNI dan Polri di 33 kabupaten/kota di Sumut.

Marsekal Hadi Tjahjanto menginstruksikan pada jajaran TNI untuk mengejar dan memaksimalkan target vaksinasi pada masyarakat. Selain itu, personel TNI juga diminta bekerja sama dengan semua lini yakni pemerintah daerah dan Polri.

"Apabila terjadi kekurangan vaksin segera melaporkan ke gubernur dan nantinya akan disiapkan. Semua sektor harus saling bekerja sama. Dengan kerja sama saya pastikan target percepatan vaksin ini akan terselesaikan dengan baik," katanya.

Hadi mengatakan mengenai lokasi Pasar Induk dilaksanakan tempat vaksinasi untuk menjangkau pelaku usaha serta menjemput bola tempat keramaian masyarakat setiap harinya. Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, 10 kabupaten/kota di antaranya sudah mencapai 30% dosis pertama dan kedua.

"Selebihnya kita masih mengejar target di atas 30%," katanya.

Sementara, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kunjugan langsung vaksinasi untuk memastikan kesiapan petugas untuk bekerja lebih masif lagi, di titik lokasi dengan mobilitas masyarakat yang ramai. Dalam dua hari ini, menurut Listyo, telah disiapkan vaskin 39.500 dosis.

"Target 2,5 juta harus segera tercapai. Vaksin akan terus ditambah agar aktivitas masyarakat tidak terkandala dan ekonomi juga tumbuh," katanya seraya meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi seperti dilaporkan jurnalis Koran SIB Danres Saragih, menyapa para pedagang Pasar Induk Lau Cih Medan Tuntungan, sebelum menyambut kedatangan Panglima TNI dan Kapolri. Ia pun mengajak pedagang untuk mengikuti vaksinasi tersebut.

Dengan berjalan kaki, ia menyapa semua pedagang, sebelum ke lokasi acara vaksin tersebut. Pada kesempatan ini, Edy juga mendengarkan keluhan pedagang yang menyampaikan padanya terkait merosotnya penjualan pedagang di masa pandemi Covid-19.

Pedagang juga meminta padanya untuk menambah akses armada angkutan umum yang melintasi Pasar Induk Lau Cih, Medan Tuntungan, yang diharapkan nantinya dapat menambah jumlah pengunjung di pasar tersebut.

"Sabar ya bu, nanti kita akan segera kita tindaklanjuti. Saat ini kita masih fokus pada kesehatan masyarakat sembari ekonomi harus juga tetap berjalan," kata Edy. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com