Tokoh Masyarakat Minta Pemkab Simalungun Tegas Soal Batas Waktu Penertiban Keramba di Danau Toba


212 view
Tokoh Masyarakat Minta Pemkab Simalungun Tegas Soal Batas Waktu Penertiban Keramba di Danau Toba
f:mistar/karmel
Keramba jaring apung di perairan Danau Toba.
Simalungun (SIB)
Tokoh masyarakat Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun MT Sinaga mendukung penuh penertiban semua Keramba Jaring Apung (KJA) di perairan Danau Toba. Namun pemerintah juga harus tegas menentukan sampai kapan batas waktu yang akan diberikan.

Hal tersebut diungkapkan MT Sinaga kepada SIB, Jumat(19/11) atas apresiasinya kepada tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba yang sepakat untuk menertibkan semua KJA.

Sinaga menuturkan, upaya agar destinasi wisata Danau Toba yang telah diakui dunia sebagai UNESCO Geopark Global bisa berkembang, salah satunya dengan menutup segala aktivitas usaha keramba baik perusahaan maupun masyarakat yang telah mencemari kualitas air Danau Toba.

"Kita sangat mendukung penuh pemerintah untuk menertibkan seluruh keramba di perairan Danau Toba. Namun sayangnya, pemerintah tidak memberikan kepastian tenggat waktu sampai kapan agar keramba di perairan Danau Toba menjadi bersih bahkan hingga nol," ucap Sinaga tegas.

Menurutnya, Pemkab Simalungun harus mengambil langkah cepat dan memberikan tenggat waktu agar masyarakat maupun perusahaan yang memiliki usaha keramba di Danau Toba bisa segera bersiap diri untuk mencari alternatif apa yang harus dilakukan apabila nantinya keramba benar-benar ditiadakan.

"Apalagi kita tahu sebagian besar mata pencaharian masyarakat di pinggiran Danau Toba sebagai pekerja pemberi makan ikan di keramba. Jadi memang pemerintah harus segera menentukan batas waktu. Bila perlu dikeluarkan saja Peraturan Daerah agar penertiban semua keramba bisa berjalan dengan baik. Untuk perusahaan, izinnya jangan diberikan lagi. Bila perlu izinnya dicabut demi kemajuan destinasi wisata Danau Toba. Dengan begitu, pemerintah nampak benar-benar serius menertibkan segala bentuk usaha yang mencemari Danau Toba,” ujarnya.(D10/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com