Ungkap Perampokan Toko Emas Lewat CCTV di Jalan

Tokoh Masyarakat Sumut Sanggam Bakara Apresiasi Kolaborasi Kapolda Sumut dengan Pemko Medan


118 view
Tokoh Masyarakat Sumut Sanggam Bakara Apresiasi Kolaborasi Kapolda Sumut dengan Pemko Medan
Foto Dok
Sanggam SH Bakara
Medan (SIB)
Tokoh masyarakat Sumut Sanggam SH Bakara acungkan jempol kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Panca RZ Simanjuntak beserta jajarannya yang berhasil mengungkap kasus besar yakni perampokan toko emas di Simpang Limun Medan. Lima pelaku berhasil diringkus serta barang bukti 6,8 Kg emas berbentuk perhiasan berikut senjata api dan sepeda motor bukti kerja keras dan cerdas Kapolda Sumut dalam mengungkap kasus yang dinilai cukup rumit ini.

Seperti diketahui, terjadi perampokan bersenjata api di siang bolong, Kamis (26/8) di Toko Emas Aulia Chan dan Toko Emas Masrul. Kerja keras pengungkapan kasus tersebut bisa berhasil berkat kolaborasi Kepolisian dengan Pemko Medan. Dimana pemko ada memasang CCTV di sejumlah ruas jalan, kemudian dipadukan dengan CCTV di lokasi kejadian perkara (TKP).

“Rangkaian bukti lewat CCTV itulah membuat Kepolisian bisa mengungkapnya disamping penyelidikan lainnya. Kita mendorong Wali Kota Medan Bobby Nasution memperbanyak CCTV di ruas-ruas jalan, khususnya di jalan-jalan rawan kejahatan. Karena alat tersebut sangat membantu kepolisian mengungkap pelaku tindak kejahatan di jalan raya atau di pemukiman tapi melarikan diri melalui jalan umum,” kata Sanggam Bakara kepada wartawan, Kamis (16/9).

Menurut Ketua DPW Punguan Si Raja Oloan Sumut ini, masyarakat dan pelaku usaha merasa lega dengan terungkapnya kasus ini. Karena pasca perampokan toko emas tersebut, para pedagang pasti khawatir jika terjadi perampokan serupa. Polisi bisa mempelajari kasus tersebut dengan mengumpulkan data lewat saksi dan CCTV, bekerjasama dengan pemko serta unsur lainnya, dalam waktu tidak lama, kasus ini terpecahkan dan pelakunya sudah diringkus.

“Saya lihat Kapolda bersama pemko bisa berkolaborasi dengan baik, karena itu sangat menolong kerja Polri. Pengadaan CCTV di sejumlah ruas jalan seperti yang dilakukan Pemko Medan, bisa ditiru oleh pemkab dan pemko di seluruh Sumut. Karena itu sangat membantu tugas polres-polres dalam mengungkap kejahatan. Karena pelaku kejahatan pasti melarikan diri lewat jalan raya, jika dipasang CCTV identitasnya akan terekam,” terangnya.

Kolaborasi Kepolisian dengan Pemda menurut Dewan Pertimbangan DPD P Golkar Sumut ini sangat perlu dalam mengantisipasi tindak kriminal. Kecekatan dan kesigapan Polri akan makin terpacu jika didukung teknologi yang dimiliki Pemda. Dengan kerjasama ini, cara seperti ini bisa menekan kriminalitas, karena nyali para pelaku kejahatan jadi ciut karena teknologi canggih memantau gerak gerik mereka.

“Dinas Perhubungan sebagai penanggung jawab CCTV juga harus terbuka jika kepolisian membutuhkan rekaman CCTV. Jangan hanya kasus besar saja Dishub mau memberikan rekaman CCTV, karena masih banyak kejahatan di jalanan seperti perampokan, penjabretan, begal dan tindak kekerasan lainnya di jalan raya yang kemungkinan besar terekam CCTV. Pihak Dishub janganlah menolak jika korban hanya masyarakat biasa,” harapnya.

Wakil Ketua Kadin Sumut ini juga berharap masyarakat ikut membantu Kepolisian dalam menumpas kejahatan. Jika ada gerak-gerik mencurigakan diharapkan segera melapor ke Polisi, jangan sampai kejadian dulu baru melapor. “Masyarakat dan aparat penegak hukum harus bersatu membasmi kejahatan, jika bersatu maka para penjahat akan berpikir untuk melakukannya lagi karena ruang gerak mereka sudah semakin sempit, dipantau masyarakat dan juga alat teknologi canggih. Kita apresiasi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca RZ Simanjuntak dengan jajarannya, mereka perlu mendapat penghargaan dari pemerintah agar lebih termotivasi lagi dalam bekerja,” tuturnya. (A8/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com