Tolak Hasil Pilkades, Warga Demo Camat Percut Sei Tuan


138 view
Tolak Hasil Pilkades, Warga Demo Camat Percut Sei Tuan
(Foto: Dok/Warga)
DEMO: Warga gruduk kantor camat menolak hasil Pilkades Desa Cinta Damai Kecamatan Percut Sei Tuan, Diliserdang, Jumat (15/5). 
Diserdang (SIB)
Tolak hasil Pilkades yang dianggap penuh rekayasa, manipulasi dan kecurangan, ratusan warga Desa Cinta Damai Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang menggeruduk kantor Camat Percut, Jumat (13/5).

Ratusan warga Desa Cinta Damai yang kecewa atas pelaksanaan Pilkades terlihat bersitegang dengan perangkat kecamatan Percut Sei Tuan dan menolak keberadaan Kades lama (incumben) yang disebut akan segera dilantik.

Menurut Bernand Simanjuntak dari Jaringan Pengaman Kebijakan Publik (JPKP) Sumut yang mendampingi warga, mereka diundang pihak camat untuk dimediasi dengan incumben yang diakui kecamatan unggul dalam pemilihan suara.

Sayangnya dalam pertemuan, Camat Percut Sei Tuan Ismail terkesan mengultimatum dan mengatakan proses Pilkades sudah selesai, jadi tinggal melaksanakan prosesi pelantikan.

Jika ada yang keberatan hasil Pilkades diminta melakukan gugatan lewat PTUN.

Apalagi sebutnya surat JPKP tentang ketidaktertiban dan ketidakberesan pelaksanaan Pilkades Cinta Damai sudah masuk ke Pemkab, 26 April 2022 lalu.

Dari rapat kordinasi antara Inspektorat dan Tapem, diminta para camat menyelesaikan masalah yang timbul dalam Pilkades di kecamatan masing-masing.

Dengan meneruskan hasil Pilkades yang tidak bermasalah, menunda hasil Pilkades bermasalah dan menindaklanjiti penundaan Pilkades bermasalah.

"Ini bermasalah, koq ada rencana pelantikan. Wajar warga jadi tegang karena merasa tidak dilayani laporan pengaduan mereka," ujarnya.

Untungnya keributan di kantor kecamatan dapat dicegah seiring antisipasi aparat Polsek Percut Sei Tuan yang berhasil menenangkan warga.

"Kita semua di sini berusaha mencari solusi, jika ada yang merasa dirugikan karena ada unsur pidana, silahkan berkordinasi dengan GAKKUM Pilkades di Polres Deliserdang. Kita pada tingkat Polsek, sebatas pengamanan kegiatan pelaksanaan Pilkades. Saya mohon bapak ibu dapat menahan diri, agar jangan terjadi kerugian bagi kita semua," sebut Kapolsek Agustiawan bijaksana.

Terindikasi Curang
Salah satu peserta Pilkades Ir Edward Tua Simatupang yang berbaur dengan warga di kantor kecamatan mengatakan, pihaknya berharap ada jawaban dari temuan berbagai dugaan kecurangan dan rekayasa dalam Pilkades Cinta Damai beberapa waktu lalu, terutama yang terjadi di TPS V, dari DPT yang dibagikan tengah malam sebelum hari H pencoblosan, termasuk adanya dugaan bukan warga desa yang ikut melakukan pencoblosan.

"Malah yang kita dengar dalam acara yang diakui sebagai mediasi, Camat akan melantik kepala desa lama," sebut Edward kecewa.

Guna mencari solusi direncanakan hari ini Sabtu (14/5) akan dilakukan kembali mediasi ulang di antara para pihak dalam Pilkades Desa Cinta Damai.

"Saya akan kembali berkordinasi dengan kabupaten, mudah-mudahan ditemukan solusi," sebutnya.

Ismail yang ditanya wartawan bila Camat bertanggungjawab atas penyelesaian masalah dalam Pilkades, menolak konfirmasi lanjutan dari wartawan, termasuk pesan singkat yang sudah dikirim lewat selulernya. "Besok ya kita dapatkan solusinya, ujar Camat menuju mobil dan meninggalkan kantor kecamatan. (rel/A13/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com