Toni Togatorop Minta Menko Marives Damaikan Bupati dan DPRD Humbahas


1.069 view
Foto Dok
Toni Togatorop SE MSP
Medan (harianSIB.com)

Mantan Ketua Fraksi Hanura DPRD Sumut Toni Togatorop meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendamaikan perseteruan Bupati dan DPRD Humbahas.

"Sudah saatnya perseteruan politik antara DPRD dan Bupati Humbahas diakhiri. Karena jika eksekutif-legislatif tidak kompak, akan terimbas kepada terkendalanya program-program pembangunan yang telah direncanakan," ujar Toni kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin, Rabu (9/6/2021), melalui telepon.

Selain itu, kata dia, para kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) juga dipastikan enggan melaksanakan proses tender proyek yang anggarannya bersumber dari APBD yang sudah empat kali berturut tidak dilaksanakan pembahasan P-APBD.

"Intinya, kalau eksekutif - legislatif tidak kompak, mau dibawa kemana pembangunan di Humbahas. Di sini kedua belah pihak (baik Bupati dan DPRD Humbahas) sebaiknya melepaskan ego masing-masing untuk memajukan Humbahas," kata Toni.

Ditambahkan Toni, sebagai kepala daerah, Bupati seharusnya bisa merangkul semua pihak dengan melakukan pendekatan kultural dan budaya, terutama terhadap anggota legislatif agar bisa bersinergi atau sejalan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan yang telah digariskan pemerintah.

Ditambahkan Toni, mundurnya Kadis PUPR dari jabatannya dan banyaknya Kepala OPD Humbahas dijabat Plt (pelaksana tugas), bukti tidak adanya harmonisasi kepemimpinan di kabupaten tersebut, sehingga dikuatirkan roda pemerintahan terancam macet.

Melihat fakta-fakta tersebut, kata Toni, diperlukan seorang tokoh yang disegani seperti Luhut B Panjaitan untuk mendamaikannya agar Humbahas bisa bergeliat merealisasikan program-program pembangunannya.(*).

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com