Triwulan Pertama 2022, Kinerja Pelindo Tumbuh Positif


73 view
Triwulan Pertama 2022, Kinerja Pelindo Tumbuh Positif
Foto: Dok. PT Pelindo I
Ilustrasi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).
Belawan (SIB)
Triwulan pertama tahun 2022, kinerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) mengalami pertumbuhan positif dengan adanya kenaikan arus keluar masuk kapal, peti kemas, non peti kemas, arus penumpang kapal laut serta tren positif kinerja keuangan.

Hal tersebut dikatakan Dirut Pelindo, Arif Suhartono yang dikutip wartawan dari media sosial PT Pelindo, Jumat (13/5).

Lebih lanjut disebutkan, pada triwulan pertama tahun 2022, arus keluar masuk kapal mencapai 283 juta GT atau tumbuh satu persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan arus peti kemas mencapai 4,2 juta teus, meningkat dua persen dibanding tahun 2021.

Sementara itu arus non peti kemas atau arus barang mengalami peningkatan 8 persen dari tahun 2021 dengan realisasi 37 juta ton.

Arus penumpang kapal laut melalui sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo mencapai 2,5 juta orang atau meningkat 38 persen dari tahun sebelumnya, sehubungan dengan peningkatan kegiatan masyarakat pasca pandemi Covid-19 di tanah air.

Sejalan dengan kondisi tersebut, kenierja keuangan Pelindo mengalami peningkatan, dengan pendapatan hingga bulan Maret 2022 mencapai Rp 7,1 triliun atau meningkat tujuh persen.

Sedangkan earning before interest, taxes, depreciation and amortization (EBITDA)/pendapatan sebelum bunga, pajak depresiasi dan amortisasi, terealisasi sebesar Rp 2,2 triliun naik tujuh persen, dengan laba bersih Rp 670 miliar, total aset Rp 119, 2 triliun atau tumbuh tiga persen.

"Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, serta transformasi yang terus berjalan di internal perusahaan, kami optimis kinerja Pelindo akan meningkat dan dapat memenuhi harapan para pemegang saham," ujar Dirut Pelindo. (A9/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com