Truk Over Tonase Bebas Melintas di Jalan Besar Sidamanik

* Masyarakat Minta Dishub Tindak Tegas

167 view
(Foto SIB/Revado Marpaung)
Truk over tonase saat melintas di jalan besar Sidamanik jurusan Simarimbun-Tiga Urung Kabupaten Simalungun, Selasa(13/4).
Simalungun (SIB)
Setelah jalan besar Sidamanik jurusan Simarimbun-Tiga Urung diperbaiki, truk over tonase semakin bebas melintas. Sehingga diperkirakan jalan akan cepat rusak akibat dilalui truk melebihi muatan.

Karena itu, masyarakat meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun menindak tegas pengemudi truk yang melebihi kapasitas melintas di jalan besar Sidamanik.

L Simanjuntak, C Turnip, B Haloho sejumlah warga kepada SIB, Selasa(13/4) mengaku beberapa tahun belakangan ini, truk melebihi tonase semakin bebas melintas di jalan Sidamanik. Sementara kapasitas jalan hanya bisa dilalui kendaraan maksimal 8 ton sesuai peraturan yang telah dibuat Dishub dan terpampang di pinggir jalan besar Sidamanik. Namun kenyataannya, truk yang bermuatan 10-12 ton masih bebas melintas.

"Kalau dibiarkan terus, kondisi jalan akan rusak dan yang rugi masyarakat sekitar. Kami tidak ingin jalan ini rusak kembali hanya karena sering dilintasi truk yang melebihi tonase", kata Simanjuntak.

Menurutnya, selain merusak jalan, keberadaan truk over tonase ini juga dinilai sangat membahayakan pengendara yang melintas. Pasalnya, kondisi jalan besar Sidamanik tidak selebar jalan provinsi. Mengingat jalan ini merupakan jalan Kabupaten Simalungun. Jadi hanya memiliki lebar 4-5 meter saja, katanya.

Oleh karena itu, masyarakat meminta agar Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun serius menindak tegas sopir truk yang melebihi kapasitas melintas di jalan besar Sidamanik. Bila perlu dilakukan razia di jalan, katanya seraya menegaskan kalau tetap Dishub terkesan menutup mata, jangan salahkan masyarakat melakukan tindakan memblokir jalan dan memberhentikan truk agar tidak bisa melintas", tegas Turnip dan Simanjuntak.(D10/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:Sidamanik
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com