Kamis, 30 Mei 2024 WIB

Uji Coba Sandar KMP Julaga Tamba Berjalan Lancar di Pelabuhan Ferry Simanindo

Redaksi - Jumat, 19 April 2024 17:20 WIB
556 view
Uji Coba Sandar KMP Julaga Tamba Berjalan Lancar di Pelabuhan Ferry Simanindo
(Foto SIB/Revado Marpaung)
FOTO BERSAMA : Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST (tengah) bersama Wakil Bupati  Drs Martua Sitanggang MM, Kepala KSOPP Danau Toba Rijaya Simarmata, Kepala Dinas Perhubungan Samosir Lespayer Sipayung, Direktur PT Julaga Sakti Utam
Simalungun (SIB)
Uji coba pelayaran dan sandar Kapal Motor Penyeberangan (KMP)) Julaga Tamba 01 berlangsung lancar di Pelabuhan Ferry jurusan Tigaras-Simanindo, Kamis(18/4). Ujicoba itu juga diikuti Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST dan Wakil Bupati Drs Martua Sitanggang MM yang menaiki kapal.
Bupati Samosir mengaku mengucap syukur karena KMP Julaga Tamba 01 sudah bisa uji sandar dan mengapresiasi pengusaha lokal dari Samosir sebagai pemilik KMP Julaga Tamba 01.
“Harapannya kapal itu bisa meningkatkan konektivitas masuk dan keluar para wisatawan di Kabupaten Samosir. Mengingat saat ini kunjungan wisatawan ke Samosir semakin meningkat.
Vandiko juga berpesan agar masyarakat tetap bersabar menunggu kapal ini beroperasi, karena ada beberapa administrasi yang perlu dilengkapi.
“Pemkab Samosir akan terus mendampingi pengurusan izin mulai dari Kemenhub dan Pemprov Sumut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini KMP Julaga sudah bisa beroperasi melayani masyarakat dan wisatawan jurusan Simanindo-Tigaras. Ini salah satu kebanggaan bagi kita bahwa salah satu putra daerah asal Samosir berhasil di luar daerah dan tidak melupakan kampung halaman dengan menghadirkan Kapal Julaga Tamba,” katanya.
Direktur PT Julaga Sakti Utama Jhonatan Tamba mengaku salah satu alasannya membuat kapal ini karena saat ini kunjungan wisatawan ke Samosir sangat ramai. “Kita ingin membantu kelancaran penyeberangan keluar masuk di Pelabuhan Simanindo melalui penambahan kapal untuk mengangkut kendaraan roda empat,” kata Jhonatan Tamba.
Dikatakan Jhonatan, KMP Julaga Tamba 01 merupakan jenis kapal Ro-Ro dengan kapasitas 235 Gross Tonage (GT) dan mampu menampung sebanyak 19 unit kendaraan roda empat dan 100 penumpang,” katanya.
Sementara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba Rijaya Simarmata mengatakan, KMP Julaga Tamba 01 sudah dilakukan uji coba berlayar dan uji coba sandar yang semuanya berjalan lancar.
Menurutnya, dari hasil pemeriksaan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), baik dari segi konstruksi, instalasi kelistrikan dan mesin, KMP Julaga Tamba 01 sudah sesuai dengan prosedur dan diizinkan untuk mengangkut penumpang dan kendaraan roda empat ke atas
Selan itu, KMP Julaga Tamba 01 juga memiliki Surat Ukur, Pas Sungai Danau, Garis Muat, Sertifikat Mesin, Sertifikat Keselamatan Kapal Angkutan Penyeberangan (SKPP) dan Sertifikat Nasional Pencegahan Pencemaran (SPNP) serta Sertifikat pengawakan Kapal “Secara teknis, baik dari segi administrasi kelengkapan dokumen maupun kelayakan angkutan penyeberangan telah terpenuhi dengan kententuan yang berlaku", kata Rijaya Simarmata
Uji coba itu diikuti Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST, Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM, Kepala KSOPP Danau Toba Rijaya Simarmata, Kepala Dinas Perhubungan Samosir Lespayer Sipayung dan Direktur PT Julaga Sakti Utama Jhonatan Tamba. (**)



Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
KMP Julaga Tamba Mulai Beroperasi, Kepala KSOPP Minta Nahkoda Utamakan Keselamatan
komentar
beritaTerbaru