Uji Kir Kendaraan Beroperasi di Pamatangraya Simalungun


465 view
Uji Kir Kendaraan Beroperasi di Pamatangraya Simalungun
(Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang)
GUNTING PITA: Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani menggunting pita pertanda diresmikannya gedung pengujian kendaraan bermotor (uji Kir) di Pamatangraya, Senin (6/12).

Simalungun (SIB)

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melaunching Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Akreditasi B di Pamatangraya, Senin (6/12).


Launching tersebut ditandai dengan pemotongan pita pada pintu masuk gedung pengujian kendaraan bermotor (uji Kir).

Bupati mengatakan, beroperasinya gedung uji Kir itu sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memudahkan pelayanan.


Selama tiga tahun terakhir, masyarakat Kabupaten Simalungun terpaksa mengurus Kir ke luar daerah karena belum ada beroperasi uji Kir di Simalungun.


"Ini merupakan suatu magnet untuk menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) Simalungun," tuturnya, seperti dilansir dari harianSIB.com.


Menurut bupati, tidak cukup hanya satu gedung uji Kir di Simalungun. Hal ini didasari karena wilayah Simalungun sangat luas dan jumlah kendaraan sudah mencapai 12.000 unit.


"Melihat teritorial dan jumlah kendaraan di Simalungun, ke depan perlu ditambah beberapa titik uji Kir seperti di Kecamatan Siantar dan Perdagangan. Saya berjanji, di tahun 2022 uji Kir di Simalungun sudah ada 3 titik," urainya.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Simalungun, Sabar Pardamean Saragih mengatakan, gedung uji Kir yang diresmikan di Pamatangraya sudah sesuai standar. Karenanya, masyarakat tidak perlu lagi mengurus Kir ke luar daerah.


"Sistem pengujian sudah transparan, server terhubung langsung ke Kementerian Perhubungan. Siap melayani sebaiknya dan tidak perlu lagi ke luar daerah dalam pengurusan Kir," ujar Sabar.


Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengapresiasi launching tersebut yang dinilai akan berdampak positif terhadap masyarakat.


"Kebijakan ini juga memudahkan pelayanan kepada pengusaha mobil angkutan. Untuk itu, terima kasih kepada bupati dan Dinas Perhubungan," kata Sibarani. (SS15/D4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com