Uspida Labuhanbatu Raya Rakor Penerapan PPKM Mikro untuk Menekan Penyebaran Covid-19


232 view
Uspida Labuhanbatu Raya Rakor Penerapan PPKM Mikro untuk Menekan Penyebaran Covid-19
Foto: Dok/Diskominfo
RAKOR COVID: Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, perwakilan Kajari dan Pemkab Labura, bersiap memimpin rakor dengan Forkopimda Labuhanbatu Raya, membahas penerapan PPKM berskala mikro, untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Selasa (13/7), di Aula Yanpiter Polres Labuhanbatu, Jalan MH Thamrin Rantauprapat.
Rantauprapat (SIB)
Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan memimpin rapat koordinasi bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Labuhanbatu Raya. Rapat ini membahas penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara (Labuhanbatu Raya), wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

"Tujuan saya mengadakan rapat koordinasi ini untuk menyamakan visi dan misi kita dalam menangani atau menekan penyebaran virus corona di Labuhanbatu Raya. Kita harapkan pemerintah daerah dan instansi terkait terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19," sebut Kapolres dalam rapat, Selasa (13/7), di Aula Yanpiter Polres Labuhanbatu, Jalan MH Thamrin Rantauprapat.

AKBP Deni Kurniawan menyebutkan, dalan pelaksanaan PPKM mikro, dioptimalkan Posko Penanganan Covid-19 untuk menegakkan protokol kesehatan 5M dan 3T di tingkat kelurahan/desa hingga dusun/lingkungan untuk pengendalian penyebaran covid 19 di Labuhanbatu Raya.

Rakor ini diikuti Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, perwakilan Pemkab Labuhanbatu Utara (Labura), perwakilan Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel), Danramil 08/RP mewakili Dandim 0209/LB, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan, Ketua MUI H Darwis Husin, Kajari Labuhanbatu Kumaedi, Kajari Labusel, tokoh agama, para camat, Kadis Kesehatan 3 kabupaten, para kepala/direktur RSUD 3 daerah, Kasatpol PP dan kepala BPBD 3 daerah, Kabag Ops Kompol Marluddin, para Kasat, para Kasubbag dan Kapolsek jajaran Polres Labuhanbatu.

Kabag Ops Kompol Marluddin menjelaskan, 2 bulan lalu pihaknya sudah sempat membuat 5 titik Pospam. "Dari pendirian Pospam tersebut, mendapat hasil yang sangat baik dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 di Labuhanbatu Raya," jelasnya.

Dia juga mengungkap update terbaru jumlah pasien positif Covid-19 di Labuhanbatu Raya, sebanyak 1.820. "Terkait data pasien meninggal dunia akibat Covid-19, di Labuhanbatu nihil. Terkonfirmasi di Labura menurun dan di Labusel naik turun," urainya.

Sesuai perintah Kapolres, sambungnya, penjemputan vaksin harus disertai pengawalan dan pengamanan dari personel Polres Labuhanbatu dan personel Kodim 0209/LB.

"Kami juga mendata pendistribusian vaksin di Wilkum Polres Labuhanbatu untuk mengetahui kemana saja vaksin tersebut disalurkan. Saat ini Polres Labuhanbatu sedang melaksanakan giat gerai vaksin presisi. Begitu juga dengan Polsek Kotapinang sampai saat ini masih melaksanakan gerai vaksin Presisi," sebutnya.

Dia berharap Kadis Kesehatan Labuhanbatu Selatan (Labusel) berkoordinasi dengan Kapolsek Kotapinang untuk menambah tenaga vaksinator di Labusel.

Dia juga menyebut, Polres Labuhanbatu dan Polsek jajaran setiap hari tetap melaksanakan operasi yustisi sesuai perintah Kapolres dan perintah Kapolda Sumut Irjen Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi.

"Polres Labuhanbatu dan instansi terkait juga sudah melaksanakan apel penambahan tenaga vaksinator. Kita juga sudah mendata persediaan oksigen dan obat-obatan antibiotik di apotek-apotek yang berada di wilkum Polres Labuhanbatu," tambahnya.

Kompol Marluddin pada akhir laporannya dalam rakor tersebut, merekomendasikan untuk melaksanakan penyemprotan desinfektan pada zona merah dan zona oranye yang dilakukan TNI dan Polri serta instansi terkait.

"Kemudian, sesuai perintah pimpinan bahwa ke depan tidak diberikan izin untuk melaksanakan unjukrasa, mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masing-masing daerah," ujarnya.

Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang pada kesempatan itu mengimbau seluruh elemen masyarakat agar menyesuaikan tindakan/perilaku dengan peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Bekerjasama dan saling membantu untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat maupun untuk diri sendiri. (E5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com