Wabup Nisbar: Pendidikan Kunci Kesuksesan


323 view
Wabup  Nisbar: Pendidikan Kunci Kesuksesan
Foto: harianSIB.com/Evy Daeli
MOTIVASI: Wakil Bupati Nisbar Dr. Era Era Hia memberikan motivasi kepada mahasiswa baru UT saat OSMB, di Tokosa Hall, Jumat (24/9/2022). 

Nias Barat (harianSIB.com)

Wakil Bupati Nias Barat (Nisbar), Dr Era Era Hia, mengatakan pendidikan salah satu kunci kesuksesan. Sebab, dengan pendidikan seseorang memiliki ilmu pengetahuan yang lebih luas, sehingga semakin kreativitas dan inovasi yang akhirnya menghasilkan karya-karya luar biasa bagi masa depan dan bangsanya.

"Kita sudah masuk di era revolusi industri di mana diperlukan keterampilan dan karya nyata. Mengingat masa depan bangsa Indonesia bertumpu kepada anak muda sebagai penerus bangsa, saya mengajak kita semua adik-adik di sini untuk semangat menjalankan pendidikan yang sedang di tempuh saat ini," kata Era Era saat membuka Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka, di Tokosa Hall, Kabupaten Nias Barat, Sabtu (24/9/2022).

Dikatakannya, sebuah daerah akan maju dan berkembang jika ada SDM yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Sehingga perlu mempersiapkan kaum muda menghadapi era baru yakni revolusi industri 4.0, yang menuntut kompetensi dari SDM, tidak hanya ketekunan dan kepandaian tapi juga kecerdasan-kecerdasan lain seperti kecerdasan emosional seperti bekerja sama dengan orang lain.

"Saya sangat terharu dan merasa bahagia melihat semangat adik-adik saat ini. Apalagi saya melihat ada sebagian teman-teman seusia saya yang masih semangat berkuliah. Memang keputusan adik-adik untuk kuliah adalah tepat, karena ke depan anda-anda inilah yang akan memimpin daerah kita ini. Jika kita sudah memiliki ilmu pengetahuan maka itu akan membantu kita berbuat yang lebih baik lagi untuk daerah kita," ujarnya.

Diharapkannya, kesempatan dan waktu yang ada dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Karena masih banyak di luar sana orang yang ingin melanjutkan pendidikan, tapi karena keterbatasan ekonomi dan lainnya harus menahan diri untuk mewujudkan niat.

“Lingkaran setan kemiskinan hanya dapat diputus dengan pendidikan. Meski ada beberapa yang tidak memilih pendidikan tapi suskes, tetap saja jumlahnya tidak banyak, dibandingkan jumlah orang sukses karena pendidikan yang diperolehnya. Kita telah diberikan kesempatan, mari manfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Apalagi ada kampus yang menyediakan layanan belajar jarak jauh, jadikan momentum ini untuk merubah nasib dari yang tidak punya menjadi punya," katanya.

Sementara itu, Bupati Nisbar periode 2016-2021 Faduhusi Daely mengatakan, dirinya tidak akan mungkin bisa jadi Bupati jika bukan karena pendidikan. Untuk itu, ia mengajak generasi muda agartetap optimis dan semangat serta tidak minder dengan apa yang dijalani sekarang.

Penulis
: Evy Claudia Shiffer Daeli
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com