Pemkab Sergai Salurkan Bantuan Sosial kepada Pelaku UMK

Wabup: Pelaku UMK akan Diarahkan untuk Tergabung Dalam Sistem E-Katalog


186 view
Wabup: Pelaku UMK akan Diarahkan untuk Tergabung Dalam Sistem E-Katalog
Foto: Dok/Diskominfo Sergai
SERAHKAN : Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan ketika menyerahkan bantuan sosial secara simbolis dari Pemkab Sergai kepada para pelaku UMK di Pasar Rakyat Perbaungan, Kamis (17/11). 

Sergai (SIB)


Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar (Disperindagsar), menyalurkan bantuan sosial khusus kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Penyaluran bantuan ini diwarnai kampanye belanja bijak dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), edukasi keuangan digital, pasar murah dan bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) yang digelar di Pasar Rakyat Perbaungan, Kamis (17/11).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan di sela penyerahan bantuan tersebut menyatakan, pemberian bantuan ini sejatinya merupakan bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

"Sektor UMK adalah salah satu penopang utama dari perekonomian daerah. Maka, hal tersebut menjadi alasan pemerintah memberikan bantuan sosial kepada kalangan pelaku UMK," ujarnya.

Di kesempatan itu, Adlin juga meminta agar sektor UMK rajin melakukan inovasi, terutama dalam aspek pemasaran. "Contohnya, mampu membuat kemasan menarik dan manfaatkan teknologi yang semakin berkembang," sarannya.

Wabup pun menyebut, di tahun 2023 pihaknya menargetkan 80% belanja modal APBD akan menggunakan mekanisme non-tunai.

Tak hanya itu, para pelaku UMK akan diarahkan untuk tergabung dalam sistem e-katalog. Dia pun mendorong ke para pelaku UMK supaya segera melakukan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), sehingga dapat tergabung dalam sistem yang sudah dibuat.

"Jika diperlukan, Disperindag dapat jemput bola ke masyarakat untuk mengurus NIB-nya. Jadi, mekanisme e-katalog dapat berjalan baik dan tahun depan transaksi bisa dilakukan secara non-tunai," tegas Adlin Tambunan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com