Wabup Deliserdang Minta GTRA Mampu Atasi Masalah Agraria


185 view
Wabup Deliserdang Minta GTRA Mampu Atasi Masalah Agraria
Foto: Dok/Kominfo
TANDA TANGAN: Wabup Deliserdang Yusuf Siregar terima dokumen GTRA dari Kepala ATR/BPN Deliserdang Fauzi saat pelaksanaan rakor di Batangkuis, Senin (7/6).
Batangkuis (SIB)
Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan permukaan bumi dalam mewujudkan fungsi sosial atas tanah. Karenanya, harus ada sinergitas antara Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan pemerintah daerah serta instansi yang terkait.

"Saya sambut baik penyelenggaraan rapat kordinasi (rakor) GTRA ini. Untuk itu saya minta kepada semua tim GTRA Deliserdang untuk kegiatan yang berhubungan dengan tanah ini," kata Yusuf saat membuka rakor GTRA bersama Kepala Kantor ATR/BPN Deliserdang Fauzi di Wing Hotel, Batangkuis, Senin (7/6).

Untuk mendorong tercapainya program reforma agraria yang dimaksud, Yusuf menjelaskan diterbitkan Perpres Nomor 86 tahun 2018. Namun menurut dia saat ini masih banyak terjadi permasalahan sengketa konflik agraria, alih fungsi lahan pertanian yang masif, kemiskinan dan pengangguran, kesenjangan sosial dan turunnya kualitas lingkungan hidup.

“Oleh karena itu, kita harus mengambil sikap dan menentukan langkah - langkah nyata. Diharapkan dengan adanya tim GTRA ini mampu mengatasi setiap permasalahan agraria yang ada," minta Yusuf Siregar

Sementara tujuan acara itu disebut agar dapat memberikan arahan, petunjuk dan dapat mendorong serta meningkatkan kordinasi di jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional dengan pemangku kepentingan. Sehingga dapat kesepahaman dalam penyelenggaraan GTRA baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Acara itu ditandai dengan penyerahan laporan GTRA Tahun 2020 oleh ketua harian dan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama mengenai arahaan kebijakan dan penanganan reforma agraria serta penguatan kapasitas pelaksanaan reforma agraria Kabupaten Deliserdang.

Kasi Penataan dan Pemberdayaan BPN Deliserdang, Marsundut Lumban Gaol melaporkan Rakor GTRA diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 1779/SK-12.07.NT.03.01/V/2021 tanggal 31 Mei 2021. Adapun narasumber pada kegiatan sebanyak 8 orang dan dimoderatori 2 orang dengan peserta 49 orang.

Dijelaskan, kegiatan dibiayai DIPA Kantor Pertanahan Deliserdang. Disebut GTRA diketuai Bupati Deliserdang berdasarkan SK Nomor 96 Tahun 2021 tanggal 23 Februari 2021 dan Tim Pelaksana Harian dengan penunjukan Surat Keputusan Nomor 713/SK-12.07.NT.02.01/III/2021 tanggal 3 Maret 2021.

Hadir pada kegiatan tersebut, mewakili Kakanwil BPN Provinsi Sumut Sontian Siahaan, Kepala BPS Deliserdang Sawaluddin Naibaho, Kepala OPD dan Kabag Setdakab terkait, serta para camat dan kepala desa. (C3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com