Wabup Humbahas Tinjau Lokasi Longsor di Simataniari Parlilitan


179 view
(Foto Dok/Protokol Pemkab Humbahas)
TINJAU :  Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan meninjau lokasi jalan longsor di Desa Simataniari Kecamatan Parlilitan, Humbahas, Selasa (30/3). 
Humbahas (SIB)
Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Oloan Paniaran Nababan meninjau lokasi jalan longsor di Desa Simataniari Kecamatan Parlilitan - Humbahas, Selasa (30/3).

Kepala Desa Simataniari Lasmer Munthe kepada Wakil Bupati Humbahas menjelaskan, Senin (29/3) siang sekira pukul 13.00 WIB curah hujan cukup tinggi di Parlilitan dan sekira pukul 19.00 WIB terjadi longsor dan menutup jalan.

Dalam peristiwa itu kata dia, sedikitnya ada 8 (delapan) titik lokasi longsor dan akses jalan terputus. Malamnya, warga sempat gotong-royong membersihkan tanah bercampur lumpur dari bahu jalan namun tak berarti. Satu malam akses jalan putus total. Sehingga hal itu dilaporkan kepada Camat Parlilitan dan diteruskan ke Bupati dan Wakil Bupati Humbahas.

Mendengar kabar itu, Wakil Bupati Staf Ahli Lamhot Hutasoit, Sabar H Purba SH, Remon Pakpahan SPd, Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang, Kapolsek Parlilitan Iptu J Lumbangaol, Danramil Parlilitan Peltu Andi Lumbantoruan, Babinsa Simataniari Serka B Hutasoit bersama tim BPBD, Selasa (30/3) pagi menuju lokasi longsor.

Sejak pukul 06.00 WIB, alat berat milik Pemkab Humbahas sudah berada di lokasi membersihkan tanah berlumpur dari bahu jalan dan pukul 09.30 WIB akses jalan sudah berjalan normal.

Kepala Desa dan warga setempat mengucapkan banyak terimakasih ke Pemkab Humbahas, khususnya kepada Wakil Bupati yang begitu cepat dan tanggap dan hadir di lokasi kejadian.

Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan mengatakan daerah Parlilitan tergolong rawan longsor. Apabila hal seperti ini terjadi maka Kepala Desa termasuk camat harus cepat bergerak dan tanggap dengan situasi serta segera dilaporkan ke Pemkab Humbahas.

“Kalau longsor seperti ini, hanya mengandalkan gotong-royong, lama siapnya tapi harus menggunakan alat berat. Sehingga akses jalan tidak terganggu dengan waktu yang lama. Jadi kita harus cepat bergerak dan tanggap dengan situasi,” tegas Oloan P Nababan.

Usai dari sana, Wakil Bupati Humbahas dan rombongan meninjau sawah di Desa Baringin Kecamatan Parlilitan karena terdampak banjir dan satu (1) unit rumah milik Jepri Silaban sempat tergenang air.

Sebelum mengunjungi lokasi longsor, Wakil Bupati Humbahas menyambangi SDN 173508 Sihabonghabong Kecamatan Parlilitan. Setiap ruangan kelas didampingi Kepala Sekolah Tasbi Situmorang SPd didatangi Wakil Bupati Humbahas guna memberikan semangat dan motivasi kepada guru dan anak-anak sekolah. (BR7/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com