Wabup Sergai: Interaksi Sosial Mampu Menjadi Solusi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika


109 view
Wabup Sergai: Interaksi Sosial Mampu Menjadi Solusi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
PAPARAN: Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan (berdiri) didampingi Kepala BNNK Sergai Pinondang Poltak Marganda Tobing saat menyampaikan paparannya ke para tokoh masyarakat terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, Kamis (30/9), di Aula Pantai Bali Lestari, Kecamatan Pantaicermin. 
Sergai (SIB)
Wakil Bupati Serdangbedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan mengatakan, interaksi sosial yang kuat dalam kehidupan bermasyarakat mampu menjadi salah satu solusi untuk pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Demikian disampaikannya ketika didapuk sebagai pembicara pada kegiatan Pengembangan Kapasitas Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diselenggarakan BNNK Sergai, Kamis (30/9), di Aula Pantai Bali Lestari, Kecamatan Pantaicermin.

"Penyalahgunaan narkoba sudah mengkontaminasi banyak tempat, mulai dari lingkungan masyarakat hingga ke lingkungan pendidikan. Dampaknya, tentu sangat mengkhawatirkan karena merusak kualitas generasi bangsa. Hal ini juga bisa mengganggu keharmonisan yang terbentuk di tengah masyarakat. Sebab, sifat para pecandu umumnya cenderung anti sosial," ujar Adlin.

Sehingga untuk itu, Wabup menyerukan perlunya jalinan erat interaksi sosial, silaturahmi dan relasi yang positif antar sesama. Dengan begitu, diharapkan mampu menjadi kunci pencegahan penyebaran dan penyalahgunaan narkoba.

Kemudian, Adlin Tambunan menyebut, melalui kegiatan ini, seluruh peserta nantinya harus dapat menjadi penggerak atau perpanjangan tangan pemerintah guna membasmi penyalahgunaan narkoba di wilayahnya masing-masing.

"Pemerintah tentunya tidak bisa berjalan sendiri. Narkoba ini musuh bersama. Jadi untuk melawannya perlu ada soliditas antara BNN, Pemkab, Polisi maupun instansi terkait lainnya serta dibutuhkan juga peran aktif masyarakat. Salah satu hal penting yang bisa dilakukan masyarakat adalah melaporkan ke pihak berwajib manakala ada menemukan orang-orang yang mencurigakan," ucapnya.

Untuk itu, Adlin berpendapat perlu adanya kekompakan yang terjalin antar sesama di lingkungan. Kalau perlu, bisa dibuat kelompok khusus untuk menyikapi permasalahan narkotika ini.

"Pemkab Sergai, Insya Allah siap sedia jika diperlukan terlibat," bebernya.

Lanjut Wabup, mekanisme pemberantasan narkotika memang harus benar-benar menyeluruh dan terpenting wajib menindak tegas para bandar barang haram tersebut. Namun, yang tak kalah penting yakni edukasi intens terhadap tiap-tiap individu.

"Bandar narkoba akan ikut "mati" kalau tidak ada yang tergoda membeli. Sehingga, dianggap penting untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya narkoba. Sosialisasikan terus apa dampaknya, apa kerugiannya," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNNK Sergai Pinondang Poltak Marganda Tobing menyampaikan, pertemuan ini bertujuan untuk menjalin diskusi serta mendengarkan masing-masing pandangan yang bersumber dari berbagai instansi, terkait upaya pemberantasan narkoba di Bumi Sergai.

"Perlu diambil kebijakan dan strategi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) demi mewujudkan kabupaten/kota tanggap ancaman narkoba. Sudah saatnya kita berkumpul dan berdiskusi terkait bagaimana tindaklanjutnya. Kami sengaja mengundang Bapak Wakil Bupati Sergai untuk melihat langsung bagaimana langkah yang akan dilakukan oleh OPD, Kepolisian dan TNI untuk menaikkan status tanggap darurat kita atas kejahatan narkoba," pungkasnya. (C4/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com