Wabup Sergai Canangkan Vaksinasi bagi Ibu Hamil


75 view
Wabup Sergai Canangkan Vaksinasi bagi Ibu Hamil
(Foto Dok/Diskominfo Sergai)
TINJAU : Usai pencanangan, Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan bersama Ketua TP PKK Ny Rosmaida Darma Wijaya dan Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil, Rabu (15/9) di Kantor Desa Seirejo, Kecamatan Seirampah. 
Sergai (SIB)
Wakil Bupati (Wabup) Serdangbedagai (Sergai), H Adlin Umar Yusri Tambunan mencanangkan vaksinasi bagi ibu hamil, Rabu (15/9) di Kantor Desa Seirejo, Kecamatan Seirampah.

Turut hadir, Ketua TP PKK Sergai, Ny Rosmaida Darma Wijaya, Ketua Darma Wanita Ny Uke Retno Fisal Hasrimy, Kadis P2KBP3A, Dasril, Kadis Kesehatan, dr Bulan Simanungkalit, Camat Seirampah, Hendra Damanik, Kapolsek Firdaus, AKP Idham Halik, Kepala Puskesmas Seirampah dan para ibu hamil.

Adlin Tambunan mengatakan vaksinasi untuk ibu hamil ini menggunakan vaksin Moderna dan dikhususkan bagi ibu-ibu yang masa kandungannya 13 minggu ke atas.

"Vaksin ini dipastikan aman buat ibu hamil dengan masa kandungan 13 minggu ke atas. Ditargetkan seluruh ibu hamil yang ada di Sergai dapat divaksin," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Adlin juga mengimbau para ibu hamil supaya bergegas mendatangi ke seluruh Puskesmas yang ada di setiap kecamatan.

"Sampaikan ke teman dan tetangga untuk segera mengikuti program vaksinasi ibu hamil. Vaksin ini menggunakan jenis Moderna. Mungkin akan ada efek, bisa saja berupa demam. Namun, bisa diatasi dengan banyak minum air putih dan berobat ke Puskesmas terdekat," bebernya.

Meski sudah divaksin, Wabup meminta ke para ibu hamil agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5M, apalagi sewaktu beraktivitas di luar rumah.

"Walau sudah divaksin, masyarakat tetap bisa terpapar Covid-19. Tapi, bagi yang telah divaksin tidak memberikan efek parah. Makanya, tetap terapkan Prokes 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan). Semua ini, tentunya demi langkah Sergai yang sehat," terangnya.

Sementara itu, Ny Rosmaida Darma Wijaya menambahkan, ibu hamil merupakan kelompok yang dinilai beresiko tinggi terpapar Covid-19 dan bisa berdampak pada janin di kandungan.

"Bila terjadi efek samping, dapat diberikan obat dari Puskesmas setempat. Ini langkah awal melindungi ibu hamil agar tidak terpapar Covid-19," katanya.

Menurut Rosmaida, pencegahan dan penanganan Covid-19 tentunya terus konsisten dilakukan pemerintah, baik itu berupa sosialisasi maupun tindakan lainnya.

"Ibu hamil yang usia kandungannya 13 hingga 33 minggu dipastikan bisa divaksin. Namun, ibu hamil diharapkan tetap menjalankan Prokes. Peran aktif bidan desa dan kader PKK untuk menyosialisasikannya juga sangat diharapkan demi membebaskan Sergai dari pandemi Covid-19," pungkasnya. (C4/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com