Hasil Seleksi Pengisian JPT Pratama Pemkab Humbahas Belum Diumumkan

Wakil Bupati : Jangan Ada yang Coba-coba Jadi Makelar Jabatan


274 view
Wakil Bupati : Jangan Ada yang Coba-coba Jadi Makelar Jabatan
Foto Istimewa
Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan SH MH
Humbahas (SIB)
Sudah lewat hampir satu bulan, Tim Panitia Seleksi (Pansel) Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) belum mengumumkan hasil pelaksanaan seleksi kompetensi manajerial pengisian JPT Pratama Pemkab Humbahas.

Pengumuman hasil pelaksanaan seleksi kompetensi manajerial dan pengumuman pelaksanaan seleksi kompetensi bidang/seminar karya tulis itu, seyogianya sesuai dengan jadwal diumumkan pada tanggal 1 September 2021.

Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan SH MH saat diwawancarai SIB, Jumat (24/9) lalu mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum mengetahui hasil seleksi kompetensi manajerial itu.

“Kita masih menunggu perkembangan hasil proses pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dilaksanakan panitia seleksi. Kami sarankan boleh bertanya kepada Ketua Panitia Seleksi dalam hal ini Sekdakab Humbahas, Tonny Sihombing,” kata Oloan.

Pada kesempatan itu, Oloan menegaskan dalam pelaksanaan seleksi JPT Pratama itu, pihaknya tetap berpedoman kepada aturan dan Undang-undang yang berlaku yaitu Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Selain itu, dia juga menyampaikan dalam pengangkatan pejabat nantinya, baik itu JPT Pratama atau pejabat setingkat eselon II, pejabat administrator atau pejabat setingkat eselon III dan jabatan pengawas atau pejabat setingkat eselon IV, pihaknya tidak mengenal istilah makelar jabatan.

Untuk itu dia menghimbau dan mengingatkan seluruh pejabat maupun ASN di lingkungan Pemkab Humbahas agar tidak mempercayai oknum-oknum yang mencoba menjadi makelar jabatan, yang memberikan iming-iming jabatan. Jika ada yang mengetahui dan mengalami demikian, dia berharap segera melaporkannya ke pihak berwajib, termasuk dirinya.

“Kalau ada beredar berita itu (makelar pejabat), kita berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan untuk turut mengawasinya. Jika ada menemukan demikian, segera laporkan. 1x24 jam saya siap untuk memantau apabila ada hal-hal, orang-orang yang tidak bertanggungjawab menjanjikan atau sebagai makelar jabatan ASN, khususnya pada proses seleksi pejabat eselon II maupun pejabat eselon III dan eselon IV. Jadi sekali lagi saya tegaskan, jangan ada yang coba-coba menjadi makelar pejabat di Humbang Hasundutan,” kata Oloan.

Lebih lanjut mantan prajurit TNI itu mengharapkan, agar masyarakat juga turut mengawasi proses tahapan seleksi Pengisian JPT Pratama Pemkab Humbahas agar dapat menghasilkan pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang mampu menjalankan program-program kerja mereka, sesuai dengan visi dan misi yang mereka buat untuk membangun Humbahas 5 tahun ke depan.

“Kami juga berharap, ketika nanti diumumkan hasil seleksi eselon II, hasilnya jelek dan buruk, kita sama-sama melihat dan memantau. Siapa-siapa yang nantinya hasil ujiannya jelek dan tidak bagus, tetapi diangkat, segera dilaporkan. Berarti ada apa di balik pengangkatan jabatan eselon II di Kabupaten Humbang Hasundutan,” ucapnya.

“Kepada para pejabat yang nantinya diangkat, kita harap dapat bekerjasama dengan baik. Tulus dan peduli serta dapat memberikan kontribusi yang sangat baik kepada masyarakat. Kami akan tetap mengawasi kinerja mereka bersama. Apabila ada ASN yang tidak baik atau tidak berpihak kepada masyarakat, segera dilaporkan. Saya sebagai Wakil Bupati akan mengawasi dan menindaklanjuti segala penyelewengan-penyelewengan yang terjadi di Humbang Hasundutan, khususnya pengangkatan pejabat di lingkungan Pemkab Humbahas,” pungkasnya.

Terpisah, Sekdakab Humbahas, Tonny Sihombing selaku Ketua Pansel Pengisian JPT Pratama Pemkab Humbahas ketika dihubungi via selulernya, Senin (27/9) sore tidak bersedia menjawab panggilan telepon. Begitu juga ketika ditanyai melalui aplikasi WhatsApp nya terkait hasil Seleksi Pengisian JPT itu, yang bersangkutan belum bersedia memberikan jawaban.

Sementara itu, Sekretaris Pansel Pengisian JPT Pratama Pemkab Humbahas, Jonny Gultom ketika dihubungi via selulernya Senin petang mengaku sedang mengikuti rapat di ruang kerja Sekdakab Humbahas bersama Pansel. “Lagi rapat di ruang pak Sekda bersama Pansel,” katanya singkat. (BR7/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com