Wakil Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang di Humbahas


223 view
Wakil Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang di Humbahas
(Foto SIB/Frans Simanjuntak)
FOTO BERSAMA : Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH didampingi beberapa pimpinan OPD nya, foto bersama dengan Kepala ATR/BPN Kantah Humbahas, Saut Simbolon, pejabat struktural dan pegawai Kantor ATR/BPN Kantah Humbahas di halaman kantor itu, Jumat (24/9). 
Humbahas (SIB)
Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Oloan Paniaran Nababan SH MH memimpin upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (ATR) ke-61 di halaman Kantor ATR dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Humbahas di Doloksanggul, Jumat (24/9).

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan A Djalil dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Humbahas mengatakan, peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang mengusung thema "Percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang profesional" dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya, untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

"Salah satu tujuan UUCK adalah memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha, memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, dukungan terkait kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan di mana hanya ada 3 persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR).

"Pemerintah daerah harus kita dorong dan percepat penerbitannya. Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU) di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Bia7der, Konsultasi Publik Online dan Protaru," katanya.

Ditambahkan, sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online.

"Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan. Pelayanan pertanahan secara elektronik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Oloan juga meminta kepada seluruh jajaran, khususnya pegawai BPN dan Polri, untuk memberangus mafia tanah.

"Bagi pegawai Kementerian ATR/BPN baik ASN ataupun PPNPN jangan sekali-kali menjadi bagian dari mafia tanah dan tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bahkan memecat oknum yang terbukti terlibat," tandasnya.

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang ke-61 tahun 2021 di Kabupaten Humbahas ditandai dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada salah seorang pegawai BPN Humbahas bernama Samuel Siahaan.

Hadir pada cara itu Kepala ATR/ BPN Kantah (Kantor Pertanahan) Humbahas, Saut Simbolon SH sejumlah pimpinan OPD Humbahas, pejabat struktural dan pegawai Kantor ATR/BPN Humbahas. (BR7/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com