Wakil Bupati Samosir Buka Sosialisasi Advokasi Percepatan Penurunan Stunting


237 view
Wakil Bupati Samosir Buka Sosialisasi Advokasi Percepatan Penurunan Stunting
Foto : ANTARA/HO
Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM membuka secara langsung acara pertemuan advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Samosir.

Samosir (SIB)

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, membuka secara langsung acara pertemuan advokasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Samosir, Selasa (21/6) di Aula AE Manihuruk, Kecamatan Pangururan.


Kegiatan tersebut merupakan kerja sama BKKBN Provinsi Sumatera Utara dengan Pemkab Samosir dalam rangkaian road show kegiatan Hari Keluarga Nasional ke XXIX tingkat Kabupaten Samosir, dengan menghadirkan peserta dari 10 desa lokus stunting di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Martua Sitanggang menyampaikan apresiasi kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provsu atas kegiatan tersebut, karena akan menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Samosir, melalui program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) dalam rangka mewujudkan keluarga kecil, berkualitas dan sejahtera.


Lebih lanjut Wabup Martua mengatakan, salah satu fokus dari program Bangga Kencana adalah pencegahan stunting, sebab upaya penurunan stunting merupakan kebijakan yang terintegrasi mulai dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah dengan mempedomani Amanah Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.


"Upaya penurunan stunting dilakukan dengan penguatan kerangka intervensi, seperti gizi sensitif yang difokuskan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan, sementara intervensi gizi sensitif adalah intervensi pendukung seperti penyediaan air bersih dan sanitasi," jelas Wabup Martua.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com