Wakil Ketua DPD Akui Kinerja Presiden Jokowi Memuaskan


435 view
Wakil Ketua DPD Akui Kinerja Presiden Jokowi Memuaskan
Foto: Istimewa
Sultan B Najamudin.

Jakarta(harianSIB.com)


Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin mengaku setuju dan mengakui hasil riset beberapa lembaga survey yang merilis angka kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo selama periode pemulihan krisis Pandemi Covid-19.


“Meskipun banyak pihak yang meragukan kebenaran hasil survey tersebut, merupakan hal yang wajar bagi bangsa yang besar. Namun pada hakikatnya secara psiko-sosiologis bangsa kita memang terkenal sangat pandai berterimakasih dan sangat optimis,” kata Sultan B Najamudin dalam siaran persnya kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Jamida P. Habeahan, di Jakarta, Rabu (2/3/2022).


Menurut Sultan, terdapat banyak kekurangan dalam kepemimpinan Presiden Jokowi itu benar, khususnya dalam bidang demokrasi.Tetapi masyarakat memiliki penilaian apa adanya dalam suasana politik, sosial dan ekonomi yang cukup stabil sebelumnya.


"Ekonomi Indonesia mampu bangkit lebih cepat dengan berbagai agenda bantuan sosial yang berdampak langsung pada masyarakat. Kepercayaan publik yang demikian baik terhadap pemerintah, tidak lantas harus dijadikan sebagai diskursus politik yang justru menjadikan kehidupan bangsa ini menjadi tidak kondusif," katanya.


Apalagi, kata dia, sampai menganggap tingkat kepuasan publik ini sebagai legitimasi politik untuk menunda pelaksanaan pemilu yang sudah dijadwalkan.


“Itu justru sangat menggangu logika politik publik, bahkan mengganggu tingkat kepercayaan publik terhadap Presiden," kata Sultan sambil menyebutkan, jika survey dilakukan lagi saat ini, hasilnya tentu akan berubah, bisa jauh menurun akibat dinamika sosial politik yang terjadi dewasa ini.


Dikatakan, Litbang Kompas menjadi salah satu lembaga riset yang pada Januari menggelar survei kepuasan publik. Survei menemukan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mencapai 73,9 persen. Angka ini jauh lebih meningkat dari 66,4 persen dibandingkan survei serupa pada Oktober 2021. Bahkan capaian angka tersebut menjadi yang tertinggi selama masa kepemimpinan Jokowi. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com