Wakil Ketua DPRD Karo Pantau Penyaluran Bansos


204 view
Wakil Ketua DPRD Karo Pantau Penyaluran Bansos
Foto/SIB/Sonry Purba
PANTAU : Wakil Ketua DPRD Karo, Sidarta Bukit SE (tengah)  bersama Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Karo, Risma A Pelawi usai memantau penyaluran  Bansos dari Kementerian Sosial  kepada warga Karo yang terdampak penerapan PPKM di halaman Kantor Pos Kabanjahe, Rabu (28/7).
Karo (SIB)
Wakil Ketua DPRD Karo, Sidarta Bukit memantau penyaluran bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial, kepada warga Karo yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di halaman Kantor Pos Kabanjahe, Rabu (28/7).

Sidarta Bukit juga ingin memastikan bahwa penyaluran Bansos tepat sasaran dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Pada, Selasa (27/7) kemarin, penyaluran Bansos diduga tidak menerapkan protokol kesehatan sebagaimana mestinya karena tidak ada pengawasan dari aparat terkait. Bantuan tersebut terdiri dari beras dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan melalui kantor pos Kabanjahe.

Sidarta Bukit bersama Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Karo, Risma A Pelawi disambut oleh Kepala Pos Cabang Kabanjahe, Yori Gosandi didampingi Ketua Satgas Penyaluran BB PPKM dan BST Tangkas Ferdinand Ginting.

"Diharapkan bantuan beras dari pemerintah dan BST yang terdampak PPKM tahun 2021 di Kabupaten Karo dapat membantu sedikit beban masyarakat selama masa PPKM darurat berlangsung. Kiranya bantuan ini bisa tepat sasaran dan dapat membantu sedikit beban masyarakat selama masa PPKM berlangsung, walau begitu kita juga harus memperhatikan situasi di lapangan, antisipasi jangan ada kepadatan jumlah warga di lokasi penyaluran dan kepada masyarakat diimbau untuk tetap mengikuti arahan protokol kesehatan. Jangan gara-gara ingin dapatkan bantuan, lalai dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan akhirnya dapat merugikan diri sendiri," ujar Sidarta Bukit.

Ketua Satgas Penyaluran BB PPKM, Tangkas Ferdinand Ginting membeberkan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan beras 10 Kg per KPM.

Selain itu penyerahan dana BST Rp 600 ribu dari dua bulan sekaligus pembayaran. Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, untuk Kabupaten Karo jumlah KPM penerima bantuan 12.173 KK dari 17 kecamatan sebagai program keluarga harapan (PKH) dan penerima BST 14.550 KK dari jumlah total 17 kecamatan.

“Setiap KPM akan menerima beras 10 Kg, sehingga jumlah beras yang disiapkan Perum Bulog Karo 12.173 ton dari 17 kecamatan sebagai PKH dan penerima BST 14. 550 KK dari jumlah total 17 kecamatan” terangnya.

Dijelaskannya, sesuai mekanisme dalam penyaluran bantuan ini akan dilakukan oleh PT Pos yang langsung mengambil dari gudang Bulog dan menyalurkan langsung ke rumah masyarakat.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (PSPK) Dinas Sosial Karo, Risma A Pelawi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kebijakan dari pemerintah dengan kebijakan PPKM Darurat untuk memperketat aktivitas masyarakat, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pantauan wartawan, penyaluran bansos lancar dan kondusif dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan. (BR2/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com