Wakil Ketua DPRD Langkat Imbau Gubernur Segera Bagikan Vaksin ke Daerah

* Rajin Sinulingga : Jangan Dibiarkan Menumpuk

120 view
Wakil Ketua DPRD Langkat Imbau Gubernur Segera Bagikan Vaksin ke Daerah
Foto Dok
 Wakil Ketua DPRD Langkat, Ralin  Sinulingga, SE
Langkat (SIB)
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Langkat, Ralin Sinulingga,SE meminta Gubernur Sumatera Utara segera membagikan vaksin Covid-19 ke daerah Kabupaten /Kota yang sangat membutuhkan saat ini, daripada dibiarkan menumpuk di gudang Pemprov Sumut .

"Kita imbau Gubsu segera membagikan vaksin itu ke daerah-daerah yang membutuhkan daripada menumpuk di provinsi. Karena masyarakat saat ini cukup antusias divaksin karena sudah sadar akan manfaatnya," sebut Ralin Sinulingga kepada wartawan SIB via telepon selularnya Selasa (21/9). Menurutnya, Pemkab Langkat melalui Dinas Kesehatan Langkat telah mengusulkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengirimkan vaksin Covid-19 sesuai kebutuhan masyarakat di Langkat.

"Pemkab Langkat sudah mengusulkan ke Kemenkes RI, namun sampai saat ini belum terealisasi sesuai yang dibutuhkan," sebut Sinulingga yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Langkat itu.

Ralin mengaku realisasi vaksin di Kabupaten Langkat saat ini masih baru terealisasi mencapai 11 persen dari jumlah penduduk Langkat sebanyak satu juta orang lebih. Rendahnya realisasi vaksinasi itu karena kurangnya vaksin. Padahal, Dinas Kesehatan Langkat sudah mengusulkannya.

"Jangan dulunya kita rayu-rayu, tapi setelah masyarakat sadar manfaat dari vaksin, justru kita yang tidak mau melayaninya," sebut Ralin Sinulingga sambil mencontohkan di salah satu provinsi di mana pemerintahnya memberikan beras agar warganya mau divaksin.

Karenanya, bila benar ribuan vial vaksin ternyata menumpuk di gudang Pemprov Sumut, gubernur seyogianya segera membagikannya ke kabupaten/kota yang sangat membutuhkan, tentu dengan skala prioritas. “Karena vaksin tidak segera digunakan disebut-sebut dapat kadaluarsa,” tandas Sinulingga.

Sementara Plt Kadis Kesehatan Langkat dr Juliana Tarigan dikonfirmasi wartawan, mengakui realisasi vaksin Covid 19 di Kabupaten Langkat sesuai dipaparkan saat kunjungan Presiden RI di Kantor Gubsu, baru-baru ini masih 11 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Langkat sebanyak 1 juta orang lebih.

Namun demikian Plt Dinkes Langkat itu mengaku Kabupaten Langkat sudah mengambil vaksin Covid-19 dari Sumut dan tidak jatah Langkat yang menumpuk. (A-7/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com