Senin, 20 Mei 2024 WIB

Wakil Ketua DPRD SU Minta Kepala Daerah Proaktif "Perangi" Pandemi Covid-19

Redaksi - Kamis, 29 Juli 2021 17:45 WIB
286 view
Wakil Ketua DPRD SU Minta Kepala Daerah Proaktif "Perangi" Pandemi Covid-19
Foto Dok
Harun Mustafa Nasution, Thomas Dachi SH 
Medan (SIB)
Wakil Ketua DPRD Sumut H Harun Mustafa Nasution meminta kepala daerah di Sumut proaktif "memerangi" pandemi Covid-19 di masa PPKM darurat dan tidak saatnya lagi berpangku tangan menghadapi virus mematikan tersebut.

"Semua pihak harus ikut ambil bagian. Terutama bupati/wali kota harus tetap proaktif dan berkordinasi dengan camat/lurah di daerahnya guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Harun Mustafa Nasution kepada wartawan, Rabu (28/7) di DPRD Sumut.

Hal itu diungkapkan anggota Fraksi Gerindra ini menyikapi pertemuan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan sejumlah bupati/wali kota di Sumut, Selasa (27/7) lalu yang menargetkan akan menjadikan setiap kabupaten/kota kembali ke zona hijau Covid-19.

"Komitmen bersama Pemprov Sumut dengan bupati/wali kota se-Sumut dalam menanggulangi Covid-19, dengan tetap mengetatkan Prokes dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang diperpanjang 2 Agustus 2021, harus diwujudnyatakan, agar daerah ini bisa cepat bebas dari virus corona.

Pengetatan Prokes dan penerapan PPKM darurat ini, tegas Harun Mustafa, tidak cukup disampaikan Satgas Covid-19 di kabupaten/kota. Tapi harus dibarengi dengan keikusertaan bupati/wali kota turun ke rakyat, agar hasilnya lebih maksimal.

"Kepala daerah tentu saja punya pengaruh besar di tengah masyarakat, sehingga jika mereka proaktif, tentu lebih mendorong warga untuk bersama mencegah penyebaran Covid-19,” katanya sembari menambahkan, kepala daerah bersama seluruh stake holder terkait harus lebih fokus mengupayakan berbagai langkah, termasuk pencegahan dan penghindaran penyebaran pandemi.

Harun menyebutkan, dari hasil kunjungan kerjanya ke daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), masyarakat melaporkan hal-hal yang secara prinsip harus disegerakan, yakni melakukan vaksinasi yang tentunya memerlukan respon cepat bupati maupun wali kota.

Turun ke Lapangan
Sementara itu, anggota DPRD Sumut Thomas Dachi SH menyebutkan, di Kepulauan Nias, para bupati/wali kota sudah rutin turun ke lapangan, bahkan setiap hari mendatangi masyarakat dan menghimbau tetap mematuhi Prokes, sehingga kawasan zona merah sebelumnya, saat ini sudah mendekati zona hijau.

"Masyarakat di Nias mematuhi protokol kesehatan, dengan cara tidak berkumpul di tempat keramaian, karena sebagian besar warga berprofesi sebagai petani. Jadi mereka pergi pagi, pulang sore dan tak sempat lagi jalan-jalan atau berkumpul,” katanya.(A4/c).

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Barry Simorangkir Hadiri Undangan DPP PKB Pembekalan Balon Kepala Daerah Sumut
Dua Balon Kepala Daerah Jonner dan Chrismanto Mendaftar ke DPD II Golkar Taput
Tujuh Bacalon Kepala Daerah Mendaftar ke DPD Golkar Karo
Ijeck Dinilai Jalan Tengah Kepemimpinan Inklusif untuk Sumut
Partai Hanura se Sumut Buka Pendaftaran Bacalon Gubernur, Bupati/Wali Kota Untuk Pilkada
Jokowi Akan Beri Satyalancana ke 15 Kepala Daerah, Termasuk Gibran-Bobby
komentar
beritaTerbaru