Rakor Pengendalian Pembangunan Daerah

Wali Kota: Ketidakharmonisan Antar Umat Beragama akan Berdampak Investor Takut


170 view
Wali Kota: Ketidakharmonisan Antar Umat Beragama akan Berdampak Investor Takut
(Foto SIB/Dok Diskominfo Medan)
PENGHARGAAN: Wali Kota Medan Bobby Nasution  memberi penghargaan kepada 5 OPD dengan kinerja terbaik di tahun 2022 dan 2 Kecamatan terbaik, Kamis (19/1) di Hotel Santika Medan.

Medan (SIB)

Guna memaksimalkan pembangunan tahun 2023, Pemko Medan melalui Bappeda menggelar Rapat Kerja Koordinasi Pengendalian Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Tahun 2023 di Hotel Santika Dyandra Medan, Kamis (19/1).

Rapat dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution, dihadiri Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan para pimpinan Perusahaan Daerah Kota Medan.

Dalam rapat kerja tersebut sejumlah point penting disampaikan Wali Kota, di antaranya tentang kondisi global saat ini.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dalam rapat kerja Kepala Daerah beberapa waktu yang lalu bahwa 1/3 belahan dunia diprediksi akan mengalami resesi tahun 2023.

Artinya kurang lebih 70 negara akan mengalami resesi, sedangkan negara yang tidak mengalami resesi ratusan juta penduduknya akan merasakan seperti sedang resesi.

"Walaupun negaranya tidak mengalami resesi, namun masyarakatnya seolah-olah akan mengalami resesi. Kondisi ini menjadi tantangan bagi Pemko Medan, namun kita tetap optimis target-target yang telah disepakati harus dapat tercapai," kata Bobby.

Bobby Nasution juga menegaskan tidak ingin mendengar ada alasan kondisi ekonomi global maupun kondisi ekonomi di Indonesia yang menjadi penghambat pembangunan.

"Prediksi resesi ini bukan baru hari ini kita dengar, selama ini kita telah menentukan target-target yang telah kita sepakati. Dan target ini harus bisa berjalan," ujarnya.

Point lainya, kata Wali Kota, dalam menjaga iklim investasi agar jangan ada gangguan apapun bagi para investor yang ingin berinvestasi di Kota Medan.

Menurutnya, saat ini masih banyak gangguan bagi para investor yang ingin mengembangkan usahanya di Kota Medan.

Dari data yang ada ditahun 2022 investasi yang masuk ke kota Medan sebanyak 229 proyek untuk Penanaman Modal Asing (PMA) dan 1908 proyek untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

"Gangguan-gangguan yang dinggap biasa ini padahal sangat menganggu bagi para investor untuk masuk ke Kota Medan, ini yang harus kita hilangkan. Jadi tolong Camat harus bisa menjaga wilayahnya dari aksi premanisme. Selain itu kita juga harus memastikan birokrasi kita juga berjalan dengan baik," kata Wali Kota Medan.

Di akhir sambutannya Wali Kota Medan menyampaikan pidato Presiden RI Joko Widodo dalam Rakornas yang berlangsung beberapa waktu lalu tentang bahayanya politik identitas.

Dia berharap agar politik identitas ini tidak terjadi di Kota Medan, sebab ketidakharmonisan antar umat beragama yang terjadi akan mempengaruhi para investor hingga takut untuk berinvestasi.

“Apabila ada konflik agama yang terjadi di wilayah, Camat jangan kabur dan takut untuk menyelesaikannya.

Saya minta segera selesaikan konflik tersebut sesuai dengan konstitusi yang berlaku. Sebab, konstitusi kita memperbolehkan semua umat beragama untuk menjalankan ibadahnya,” pesannya.

Dalam rapat kerja koordinasi ini Wali Kota Medan Bobby Nasution juga memberikan penghargaan kepada 5 OPD dengan kinerja terbaik di tahun 2022 dan 2 Kecamatan terbaik.

Kelima OPD tersebut Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga, Sekretariat DPRD dan Bappeda.

Sedangkan dua Kecamatan terbaik ialah Kecamatan Medan Barat dan Kecamatan Medan Labuhan.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar dalam laporannya menjelaskan maksud rapat kerja koordinasi ini digelar untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program, kegiatan dan sub kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja Anggaran Pemko Medan Tahun 2023 sekaligus review atas pelaksanaan program tahun sebelumnya agar lebih menjamin tercapainya target pembangunan sebagaimana ditetapkan.

“Sedangkan tujuannya guna mewujudkan pelaksanaan program kegiatan OPD serta APBD Kota Medan Tahun 2023 secara tepat waktu dan tepat sasaran, berkualitas serta membangun sisnergitas dan kolaborasi di antara OPD di lingkungan Pemko Medan,” jelas Benny Iskandar. Rapat kerja ini diikuti sekitar 500 peserta. (A8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com