Wali Kota Ajak Warga Medan Gunakan Fasilitas Isoter Gratis di eks-Hotel Soechi


260 view
Wali Kota Ajak Warga Medan Gunakan Fasilitas Isoter Gratis di eks-Hotel Soechi
(ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meresmikan eks Hotel Soechi sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) yang diperuntukkan bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan kategori orang tanpa gejala (OTG) pada Minggu.  
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mengajak warga untuk menggunakan fasilitas isolasi terpadu (Isoter) di eks-Hotel Soechi International Jalan Cirebon Medan. Selain gratis, fasilitas yang disediakan Pemko Medan diakui cukup mewah dilengkapi dengan adanya peralatan olahraga dan berjemur di lantai 5 gedung tersebut.

Dikatakan wali kota di Medan, Senin (2/8), pihaknya telah mengecek seluruh kesiapan dan perapatan yang disediakan pada 247 kamar di eks-Hotel Soechi itu. Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyaksikan proses penanganan peserta Isoter di lokasi tersebut, Minggu (1/8), saat dibawa petugas medis berpakaian APD lengkap dan ditangani di ruang IGD yang berada pada lantai basement gedung tersebut.

"Diharapkan, pelayanan yang telah disiapkan pihaknya itu meningkatkan kesadaran warga, khususnya yang positif Covid-19 namun tanpa adanya gejala (OTG) untuk mengikuti isolasi, sehingga meminimalisir dan menekan risiko penyebaran Covid-19," katanya.

Dijelaskan, untuk dapat menikmati fasilitas Isoter di tempat itu, masyarakat dapat datang langsung ke eks-Hotel Soechi.

Setibanya di Soechi, akunya, akan ada dokter, tenaga kesehatan dan staf yang akan membantu masyarakat peserta Isoter. Ditegaskan, seluruh penanganan dan pelayanan di eks-Hotel Soechi gratis dan tanpa pengutipan biaya.

“Saat ini masyarakat bisa langsung datang ke Soechi, nanti akan ada dokter, nakes dan staf yang akan membantu. Dan ini gratis tidak dikutip biaya,” tegasnya.

Dijelaskan, pihaknya menargetkan warga berstatus OTG menjadi peserta Isoter di gedung tersebut. Diyakini warga OTG sangat berpotensi menyebarkan Covid-19 karena merasa dirinya sehat.

“Kalau isolasi di rumah mudah bosan, nantinya akan berkeliaran lagi dalam dua atau tiga hari. Itu bahaya. Lebih baik gunakan fasilitas Isoter di Soechi ini agar lebih teratur dan efektif mencegah penyebaran,” ajaknya.

Diungkapkan, selain menggandeng pihak manajemen RS Royal Prima yang bertugas merawat peserta Isoter dengan jadwal 3 shift perhari, lokasi Isoter tersebut juga memiliki stok oksigen, obat dan vitamin yang cukup, serta fasilitas fitness dan ruang berjemur. Tak hanya itu, mengingat eks-Hotel Soechi merupakan bekas hotel bintang 4 yang bentuk kamar yang berbeda- beda, kamar yang berukuran besar nantinya dapat digunakan untuk merawat satu keluarga yang menjadi peserta isolasi. (A16/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com