Wali Kota Binjai Harapkan Lahirnya Generasi Penerus Parsinabung


102 view
Wali Kota Binjai Harapkan Lahirnya Generasi Penerus Parsinabung
Foto: Dok/Diskominfo Binjai
FOTO BERSAMA: Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah foto bersama usai pembukaan pelatihan parsinabung (juru bicara adat Batak), di Gedung Tomuria Hall di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (7/9). 

Binjai (SIB)

Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah hadiri pembukaan pelatihan parsinabung (juru bicara adat Batak), di Gedung Tomuria Hall di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (7/9).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kaban Kesbangpol Kota Binjai HT Syarifuddin, Ketua PEBT Kota Binjai Drs Alex Situmorang MAP, perwakilan tokoh antar etnis November Mandrofa, mewakili tokoh masyarakat Batak Toba S Simarmata, serta seluruh peserta dan anggota Persatuan Etnis Batak Toba Kota Binjai.

"Saya merasa senang digelarnya pembinaan dan pengkaderan yang merupakan cikal bakal dari penerus parsinabung bagi adat Batak," jelas Wali Kota Binjai.

Wali kota menambahkan, kegiatan ini dinilai sangat penting sebab kurangnya kepedulian anak muda dalam menggeluti adat istiadat dan kesenian daerahnya. Ia menjelaskan, sebagai juru bicara adat Batak, haruslah memiliki pemahaman yang luas terhadap budaya Batak dan adat istiadatnya. Juru bicara adat Batak dituntut harus mahir berbicara dan bertutur kata menggunakan bahasa dan unsur seni sastra Batak yang khas.

"Generasi kita boleh mengglobal, boleh berkarya apa saja, tetapi juga harus mengingat jati dirinya," tandas wali kota.

Wali kota juga berharap, melalui pelatihan ini, kelak akan ada generasi penerus yang menjadi parsinabung muda yang handal dan berbakat. (MI/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com