Wali Kota Binjai Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Secara Daring


101 view
Wali Kota Binjai Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Secara Daring
Foto Istimewa
IKUTI: Wali Kota Binjai, Amir Hamzah Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan dari kemendari.
Binjai (SIB)
Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah didampingi Kadis Kesbangpol T Syarifudin dan Plt Kepala Bappeda Majid Ginting mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2021 secara daring di rumah dinas Wali Kota, Senin (14/6).

Kegiatan yang diikuti Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2020 itu dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian.

Kepala BPSDM Kemendagri Dr Teguh Setyabudi,MPd dalam laporannya menyampaikan pembekalan kepemimpinan diikuti Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota non pertahanan sebanyak 214 orang. Pertemuan tatap mata/daring dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 14 sampai 18 Juni sedangkan tatap muka selama 3 hari.

Selain itu, Teguh mengatakan, pelatihan kepemimpinan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepala daerah tentang pemerintahan daerah.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian dalam amanatnya mengatakan, kepala daerah harus memiliki konsep yang jelas tentang arah pembangunan daerah.

"Kepala daerah harus memiliki konsep pembangunan, hal ini penting mengingat masa jabatannya lebih singkat yaitu hanya sampai tahun 2024," kata Tito.

Selanjutnya, Mendagri meminta kepala daerah untuk benar-benar memperhatikan dan menyukseskan prioritas pembangunan yang dibuat Presiden. Terlebih saat ini tantangan akibat pandemi Covid-19 yang belum pernah dialami pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

Mendagri juga minta kepala daerah untuk mengefisiensikan birokrasi. Jabatan-jabatan yang dianggap bisa difungsionalkan agar difungsionalkan. Selain itu juga ditekankan upaya mengatasi pandemi yang belum maksimal di daerah-daerah. (A6/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com