Wali Kota Buka Rakor Finalisasi Roadmap TP2DD Tebingtinggi


187 view
Wali Kota Buka Rakor Finalisasi Roadmap TP2DD Tebingtinggi
(Foto doc / Dinas Kominfo)
BUKA RAKOR : Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan saat membuka Rakor Finalisasi Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Kamis (17/2) di The Hill Hotel dan Resort, Sibolangit. 

Tebingtinggi (SIB)

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Finalisasi Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Kamis (17/2) di The Hill Hotel dan Resort, Sibolangit.


Disampaikan Wali Kota, rakor finalisasi ini bagian dari pada program pemerintah untuk percepatan dan perluasan sistem digitalisasi terhadap seluruh kegiatan di negara ini, sesuai dengan program pemerintah.


"Sosialisasi dan edukasi itu harus benar-benar dilakukan dengan sebaik-baiknya. Melakukan pelatihan terhadap mindset masyarakat, bahwa digitalisasi ini adalah bagian yang harus kita lakukan," kata Wali Kota.


Umar mengatakan, percepatan dan perluasan digitalisasi sudah menjadi suatu keharusan untuk dilakukan di era saat ini, misalnya sistem pembayaran ataupun penerimaan dilakukan sangat transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.


Wali Kota berharap agar nantinya percepatan dan perluasan digitalisasi dapat menjadi budaya kehidupan masyarakat sehari-hari dan akan lebih berhasil dengan baik.


"Percepatan dan perluasan digitalisasi menjadi bagian yang perlu kita budayakan, dan saya yakin, Insya Allah ini akan lebih berhasil dengan baik," tutup Wali Kota.


Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Azka Subhan Aminurrido mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah membentuk TP2DD untuk melaksanakan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).


ETPD ini terdiri dari elektronifikasi transaksi pendapatan dan belanja daerah.


"Program ETPD merupakan suatu upaya yang tengah didorong oleh Bank Indonesia bersama Pemerintah untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemda dari cara tunai menjadi nontunai. Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan potensi penerimaan serta mewujudkan tata kelola keuangan Pemda yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi pembayaran digital," ucapnya.


"Sebagai salah satu anggota TP2DD, Kanwil Bank Indonesia Provinsi Sumut akan senantiasa berkomitmen dalam mendukung berbagai program perluasan digitalisasi di Tebing Tinggi ke depan," pungkasnya.


Indeks ETPD Kota Tebingtinggi berada pada peringkat ke 4 dengan nilai 84,20 % atau berada pada kategori Digital. (BR3/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com