Wali Kota Buka Sosialisasi Pelaksanaan PUG Bagi OPD se-Kota Binjai


93 view
Wali Kota Buka Sosialisasi Pelaksanaan PUG Bagi OPD se-Kota Binjai
Internet
Mewakili Walikota Binjai, Asisten Administrasi Umum Sekdako Binjai Drs. Meidy Yusri membuka Sosialisasi dan Koordinasi.
Binjai (SIB)
Wali Kota Binjai buka Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) bagi OPD se-Kota Binjai, Selasa (28/9) di Aula Pemko Binjai.

Pembukaan yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekdako Binjai Drs Meidy Yusri merupakan kegiatan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat (P3AM) Kota Binjai.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Umum Sekdako Binjai menjelaskan, Pengarus Utamaan Gender (PUG) adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan perempuan dan laki-laki.

Menurutnya, kesetaraan dan keadilan gender menjadi salah satu tonggak pembangunan serta memperkuat negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan pemerintah secara efektif.

"Dalam proses perencanaan dan perumusan kebijakan sangat diperlukan pengarus utamaan gender, hal ini dimaksudkan agar kepentingan perempuan dan laki-laki dapat tertampung sehingga keduanya dapat menikmati hasil pembangunan secara berimbang," jelasnya.

Lebih lanjut Meidy Yusri mengatakan, dalam pengarus utamaan gender, kita memastikan bahwa setiap orang haknya terpenuhi baik itu laki-laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya dengan mengintegrasikannya ke dalam perencanaan program pembangunan yang akan dibuat.

Seluruh OPD diajak untuk bersama-sama dan bahu-membahu menyelesaikan masalah PUG.(A06/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com