Wali Kota Lepas 3.491 Peserta Program Mudik Bareng Pemko Medan


142 view
Wali Kota Lepas 3.491 Peserta Program Mudik Bareng Pemko Medan
(Foto: Dok/Diskominfo Medan)
FOTO BERSAMA: Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution berfoto bersama sebelum melepas keberangkatan 3.491 warga peserta Program Mudik Bareng Pemko Medan di Jalan Pulau Pinang Medan, Jumat (29/4). 

Medan (SIB)

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution melepaskan keberangkatan 3.491 warga yang mengikuti Program Mudik Bareng Pemko Medan di Jalan Pulau Pinang Medan, Jumat (29/4).


Terlihat jelas semangat dan kegembiraan terpancar di wajah para pemudik ketika mengikuti program yang pertama kali digelar Pemko Medan tanpa menggunakan anggaran APBD, karena merupakan hasil kolaborasi Pemko Medan dengan stakeholders, pelaku usaha, Kadin, Bank Sumut, serta didukung Forkompimda Medan.


Diketahui, turut hadir dalam acara itu bersama Wali Kota Medan, unsur Forkompinda, Dirut Bank Sumut Rahmat Fadhilah Pohan, Sekda Medan Wiriya Alrahman, Kepala Kemenag Medan Impun Siregar.


Pada kesempatan itu, Bobby mengakui, banyak warga merindukan merasakan mudik, berkumpul, bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Menurutnya, Idulfitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 merupakan momen luar biasa, sehingga Pemko Medan menggelar kegiatan mudik bersama untuk menjawab kerinduan masyarakat tersebut.


Diakui, tradisi mudik tidak berlaku di semua negara, sehingga harus disyukuri dan tetap dijaga. Disebutkan, mudik kental dengan semangat silaturahmi yang erat, sehingga menjadikan Kota Medan, Sumut dan negara semakin kuat.


Terkait baju yang dibagikan kepada pemudik, katanya, hanya untuk menginformasikan program Mudik Bareng Pemko Medan dan memeriahkan kegiatan tersebut.


Sebelumnya dilaporkan Kepala Bappeda Medan Benny iskandar yang bertindak sebagai Ketua Panitia Program Mudik Bareng Pemko Medan itu, kegiatan tersebut digelar selama tiga hari yakni 29 dan 30 April, serta 1 Mei bersamaan dengan peringatan Hari Buruh, dengan sasaran peserta yang merupakan buruh, pekerja, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat di Medan.


Menurutnya, program mudik gratis itu disambut antusias oleh masyarakat, dibuktikan dengan kelebihan pendaftar program itu jauh melebihi jumlah yang ditargetkan, sehingga melebihi batas ketersediaan bus. Hal itu yang menyebabkan pendaftaran ditutup lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan.


"Sehubungan dengan itu, panitia memohon maaf kepada masyarakat yang belum bisa ditampung pada tahun ini," katanya.


Dijelaskan, warga yang mendaftarkan diri secara online dan langsung berjumlah 3.600. Namun setelah seleksi, termasuk soal persyaratan vaksin, jumlah pemudik menjadi sebanyak 3.491. Untuk total armada yang digunakan untuk mudik gratis, sambungnya, berjumlah 125 unit, yang terdiri atas 68 bus besar, 1 bus sedang, dan 56 bus kecil.


Dalam program itu terdapat 13 daerah tujuan yakni Medan - Gunungtua, Medan - Kotapinang, Medan - Palas, Medan - Rantauparapat, Medan - Natal, Medan - Padangsidempuan, Medan - Panyabungan, Medan - Parapat, Medan - Sipirok, Medan - Tarutung, Medan - Sibolga, Medan - Sidikalang, Medan - PakpakBarat.


Sementara salah seorang pemudik Windasari mengaku berterima kasih atas program yang digagas Wali Kota Medan. Berkat kegiatan itu, lanjutnya, Windasari dan keluarganya bisa mudik secara gratis. Diharapkan, kegiatan itu akan terus digelar setiap tahunnya. (A16/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com