Wali Kota Medan Apresiasi Vaksinasi Peringati HBA, Harap Herd Immunity Semakin Tercapai


118 view
Wali Kota Medan Apresiasi Vaksinasi Peringati HBA, Harap Herd Immunity Semakin Tercapai
(Foto : Dok/Diskominfo Medan)
Foto Bersama : Kepala Kejatisu IBN Wiswantanu SH MH (paling kiri) didampingi Wakajati Sumut Agus Salim SH MH (dua dari kanan) berfoto bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (dua dari kiri) dan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution (paling kanan) usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kantor Kejatisu, Selasa (27/7/2021). 
Medan (harianSIB.com)
Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) yang telah menggelar kegiatan vaksinasi massal, dalam rangka memperingati HUT ke-61 Hari Bhakti Adhyaksa di Kantor Kejatisu, Jalan AH Nasution, Medan Johor, Selasa (27/7/2021).

Diharapkan, hal itu dapat menyukseskan tercapainya Herd Immunity masyarakat dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Medan. "Pemko Medan berterimakasih dan mengapresiasi Kejatisu karena telah menggelar vaksinasi massal, yang diharapkan mendukung tercapainya herd immunity masyarakat. Mengingat Kota Medan masuk kategori PPKM level 4, perlu kerjasama semua pihak untuk dapat menekan penyebaran Covid-19, termasuk kegiatan yang dilakukan Kejatisu saat ini, sebagai wujud dukungan untuk memutus mata rantai penularan," kata Bobby saat meninjau vaksinasi massal.

Setelah menerapkan PPKM Darurat selama seminggu, seperti dilaporkan Jurnalis Koran SIB Roy Marisi Simorangkir, Kota Medan menerapkan PPKM level 4 sampai tanggal 2 Agustus 2021 yang menurutnya terdapat perbedaan di sektor ekonomi. Ketika PPKM Darurat, katanya, tempat- tempat makan atau minum hanya boleh melayani pemesanan untuk dibawa pulang.

Sementara pada penerapan PPKM level 4, pemerintah mengizinkan pihak pengelola menerima pelanggan makan di tempat, namun hanya diperbolehkan selama 20 menit. Selain itu jam operasional hanya diperbolehkan hingga pukul 21:00 WIB.

"Ini diprioritaskan untuk sektor UMKM, sedangkan untuk restoran yang besar belum diizinkan makan di tempat. Hal ini karena ada banyak meja dan tempat duduk di restoran besar, sehingga jika ada pelanggan yang makan di tempat akan melewati kapasitas ditentukan. Hal yang terpenting pada PPKM level 4 yaitu menghindari kerumunan," ujarnya.

Selama penerapan PPKM level 4, akunya, Kota Medan masih menerapkan penyekatan jalan di beberapa lokasi, untuk mencegah mobilitas masyarakat. "Semua kegiatan masyarakat banyak terpusat di Kota Medan, sebagai ibu kota Provinsi Sumut. Karena itu, kegiatan yang tidak terlalu penting harus dihindari dan tetap berada di rumah bila tidak ada kepentingan mendesak," jelasnya.

Diketahui, peninjauan vaksinasi dilakukan Wali Kota Medan bersama Kepala Kejatisu IBN Wiswantanu SH MH, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakajati Sumut Agus Salim SH MH. Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution menyempatkan diri berbincang dengan peserta dan pelaksana vaksinasi.

Sebelumnya dijelaskan Kepala Kejatisu IBN Wiswantanu, vaksinasi massal itu digelar dalam rangka peringatan HUT ke-61 Hari Bhakti Adhyaksa, sebagai bentuk dukungan pihaknya terhadap pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan pemerintah untuk membentuk kekebalan masyarakat terhadap Covid-19. "Kegiatan ini menargetkan 2.000 peserta dari semua kalangan. Ini merupakan tahap kedua, karena tahap pertama telah dilaksanakan akhir Juni lalu," ungkapnya. (*)

Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com