Wali Kota Medan Bantu Mesin Pemisah Tulang Ikan untuk Pelaku UMKM


171 view
Wali Kota Medan Bantu Mesin Pemisah Tulang Ikan untuk Pelaku UMKM
(Foto : Dok/Diskominfo Medan)
Terima Bantuan : Awin (kanan) menunjukkan mesin kulkas box freezer bantuan dari Wali Kota Medan, Rabu (18/5).

Medan (SIB)

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution memberikan bantuan mesin pemisah tulang ikan kepada Awin, pelaku UMKM olahan ikan di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan. Pemberian bantuan mesin itu diberikan wali kota kepada pelaku UMKM yang sudah berdiri selama 11 tahun itu melalui Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Medan Emilia Lubis di rumah sekaligus tempat produksi olahan ikan milik Awin, di Jalan Chaidir, Kelurahan Nelayan Indah,Medan Labuhan, Rabu (18/5).


Diakui Awin, dirinya sangat terharu dengan bantuan wali kota itu, mengingat selama 11 tahun belakangan dirinya hanya mendengar bantuan pemerintah kepada kelompok usaha. Selain mesin pemisah tulang ikan, akunya, dirinya juga mendapat bantuan berupa Kulkas Box Freezer dan kolam piber untuk menampung ikan.


"Saya merasa terharu dan berterima kasih kepada wali kota atas bantuan yang diberikan. Ini keberkahan bagi kami pelaku UMKM, karena mendapatkan kepedulian dan bantuan dari Pemerintah di tengah pandemi Covid-19," katanya.


Sebelum ada mesin pemisah tulang ikan, ungkapnya, pihaknya menggunakan mesin grinder untuk memisahkan ikan dengan tulang, yang dinilai kurang efektif dan efisien karena masih banyak daging tersisa di tulang ikan itu. Dirinya belum sanggup membeli mesin pemisah tulang ikan agar produksinya unggul dan dapat bersaing, karena harganya sangat mahal.


Dijelaskan, usaha miliknya menghasilkan produk berupa bakso ikan, tahu bakso dan nugget, dengan pasar penjualan grosir dan eceran untuk jajanan anak-anak sekolah. Menurutnya, produknya yang dikemas dengan bungkusan berisi 20 potong itu sangat terjangkau karena dijual seharga Rp7 ribu.


"Pasar jualan produksi olahan ikan saya saat ini baru untuk grosir dan pajak serta eceran di kantin sekolah Di sekitar Medan. Saya menargetkan akan memperluas jangkauan pasar jualan. Bantuan kulkas box freezer sangat membantu ketahanan produksi olahan ikan kami ini," ungkapnya.


Sebelumnya Kadis Ketapang Kota Medan Emilia Lubis mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution terhadap pelaku UMKM. Sesuai arahan wali kota untuk mewujudkan program prioritas terkait UMKM, akunya, pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan di Kota Medan. (A16/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com