Sabtu, 15 Juni 2024 WIB

Wali Kota Medan Diminta Tindak Tegas Jajarannya yang Pungli Masyarakat

* Tidak Zamannya Lagi Pungli Urus Surat-menyurat
Redaksi - Rabu, 29 Maret 2023 15:45 WIB
209 view
Wali Kota Medan Diminta Tindak Tegas Jajarannya yang Pungli Masyarakat
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi pungli
Medan (SIB)
Anggota Komisi A DPRD Sumut Frans Dante Ginting meminta Wali Kota Medan Bobby Nasution bertindak tegas terhadap jajarannya (mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan) yang melakukan pungli terhadap masyarakat saat berurusan dengan aparaturnya, guna menghilangkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.
"Kita benar-benar kaget, ternyata di era transparansi dan keterbukaan saat ini masih ada oknum kelurahan melakukan pungli terhadap masyarakat yang berurusan dengan surat-menyurat. Ini harus jadi perhatian serius dari Pak Wali Kota Medan," ujar Frans Dante Ginting kepada wartawan, Selasa (28/3) di DPRD Sumut.
Jika benar ada oknum lurah di Kota Medan melakukan pungli terhadap masyarakat dalam mengurus surat kematian maupun surat lainnya, tambah Frans Dante, sudah saatnya Wali Kota Medan bertindak tegas dengan mencopot oknum tersebut dari jabatannya, karena tidak zamannya lagi aparatur pemerintah memungli masyarakat saat berurusan dengan kelurahan.
Hal itu disampaikan politisi Partai Golkar ini menanggapi pernyataan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Amir Arief, yang bercerita tentang pengalamannya ketika mengurus surat kematian ibunya di salah satu kelurahan di Kota Medan, dipungli Rp20 ribu oleh lurah setempat.
Ditambahkan anggota dewan Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat ini, kasus yang sangat memalukan dan mencoreng nama baik Pemko Medan ini perlu segera ditelusuri kebenarannya, agar peristiwa serupa tidak terulang lagi di instansi pemerintahan Kota Medan.
"Jika ada oknum lurah maupun oknum di kecamatan yang melakukan pungli dalam urusan surat-menyurat, kita minta Pak Wali Kota Medan segera menindak tegas, dengan mencopot dari jabatannya, sebagai efek jera agar hal serupa tidak terulang lagi," tandasnya.
Frans Dante yakin, Pemko Medan di bawah kepemimpinan Boby Nasution akan tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta bersih dari segala bentuk pungli sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.
Berkaitan dengan itu, mantan anggota DPRD Karo ini mengajak seluruh masyarakat untuk menyampaikan informasi kepada Wali Kota Medan, jika ada ditemukan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Medan yang melakukan pungutan liar dalam urusan surat-menyurat.(A4/d)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bobby Nasution Rampung Uji Cagub Sumut di DPP PKB
Bobby Nasution Terkejut, Pamannya Ambil Formulir Cawalkot Medan dari PDIP
Topan Ginting Dilantik Jadi Penjabat Sekda Medan
Bobby Nasution Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden
Aktivitas Perjudian Ilegal di Pasar Malam Komplek MMTC Harus Ditindak Tegas
Proyek Mastran BRT Mebidang Resmi Diluncurkan, Medan Segera Miliki Bus Rapid Transit
komentar
beritaTerbaru