Wali Kota Medan Harap Job Fair Jadi Pemicu Semangat Pencari Kerja di Masa Pandemi Covid-19


314 view
Wali Kota Medan Harap Job Fair Jadi Pemicu Semangat Pencari Kerja di Masa Pandemi Covid-19
Foto : Dok/Diskominfo Medan
Foto Bersama :  Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution (tengah) didampingi Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hanna Lore Simanjuntak berfoto bersama para penyelengara Virtual Job Fair  di halaman Kampus LP3I, Jalan Sei Serayu, Rabu (17/11/2021).

Medan (harianSIB.com)


Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution membuka Virtual Job Fair yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan di halaman Kampus LP3I, Jalan Sei Serayu, Rabu (17/7/2021). Virtual Job Fair itu diharapkan menjadi pemicu bagi para pencari kerja, agar kembali termotivasi untuk bekerja meski di masa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.


Dikatakan wali kota, pandemi Covid-19 selama ini berdampak pada pergerakan ekonomi, termasuk tingkat pengangguran di Kota Medan yang sebelumnya single digit selama masa pandemi menjadi double digit. "Untuk perusahaan diharapkan dapat menerima difabel untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.


Menurutnya, selama pandemi banyak kegiatan yang berubah dari secara langsung menjadi virtual. Sebagai bentuk perkembangan digitalisasi, semua pihak dimihta beradaptasi dan mendigitalisasikan kemampuan masing-masing.


"Kepada para pencari kerja manfaatkan momentum Virtual Job Fair ini untuk dapat bekerja dan mencapai cita-cita. Selain itu gali terus kemampuan potensi diri dengan mengikuti perkembangan zaman," jelas Bobby Nasution.


Bobby Nasution juga mengapresiasi 27 perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam membuka 1.449 lowongan pekerjaan pada kegiatan itu. Apalagi, tambahnya, ada salah satu perusahaan yang membuka 600 lowongan pekerjaan, sehingga akan sangat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.


Sementara Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hanna Lore Simanjuntak sebagaimana dilaporkan jurnalis Koran SIB Roy Marisi Simorangkir, menjelaskan, Job fair Kota Medan tahun 2021 dilaksanakan secara virtual karena saat ini Kota Medan berada di PPKM level 2.


"Pendaftarannya dapat dilakukan secara online dengan cara terlebih dahulu melakukan registrasi pencari kerja di bit.ly/daftarpencaker, setelah melakukan registrasi Pencaker, para pelamar bisa ikut serta virtual job fair melalui website jobfair.pemkomedan.go.id


kemudian verifikasi berkas dilaksanakan di dinas ketenagakerjaan kota medan secara offline," jelasnya. (*)

Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com