Wali Kota Medan Resmikan Ruang ICU Covid-19 RS Adam Malik


291 view
Wali Kota Medan Resmikan Ruang ICU Covid-19 RS Adam Malik
(Foto: harianSIB.com/Leo Bukit)
BICARA: Bobby Nasution sedang berbicara dengan dr Zainal Safri, di ruang ICU Covid-19 RSUP H Adam Malik yang telah diresmikan, Jumat (3/9/2021). 
Medan (harianSIB.com)
Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan ruang ICU Covid-19 Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, Jumat (3/9/2021). Dengan didampingi Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri dan jajaran, Bobby menggunting pita sebagai tanda diresmikannya ruangan untuk pasien Covid-19 kategori berat.

Bobby menyampaikan terima kasih kepada RS Adam Malik dan juga Kementerian PUPR yang telah mendirikan ruang ICU Covid-19. Kata Bobby, adanya ruangan tersebut membantu penanganan Covid-19 khususnya di Medan.

"Ruang ICU ini tentunya bisa menambah pelayanan kita kepada masyarakat dalam menangani pasien Covid-19," ujarnya.

Ia berharap ruang ICU itu bisa dimanfaatkan pasien Covid-19 sebaik-baiknya. Meski begitu, dia mengharapkan ruangan tersebut mudah-mudahan jangan terlalu cepat terisi pasien.

Apalagi, saat ini perkembangan kasus Covid-19 di Medan sudah menurun. "Ruangannya sudah bisa digunakan. Tapi, kita berharap agar tidak terisi terlalu cepat dan banyak. Kalau terisi banyak pasien, maka otomatis terjadi peningkatan kasus Covid-19," tutupnya.

Sementara, dr Zainal Safri menyebutkan saat ini total ruang ICU Covid-19 jumlahnya mencapai 62 ruangan. Artinya, ini sudah mencapai 22 persen dari total tempat tidur isolasi pasien corona.

"Sebelumnya ruang ICU Covid-19 kita masih di angka 15 persen. Namun, saat ini sudah meningkat dan mencapai 22 persen," ujarnya.

Disebutkannya, ruang ICU tersebut sudah bertekanan negatif. Dengan begitu, ruangan tersebut sudah cukup aman bagi tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

Ia mengatakan dengan adanya ruang ICU tersebut maka jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit ini bertambah dari 250 bed menjadi 286 bed.

"Bed untuk pasien Covid-19 kami sudah mencapai 36 persen. Artinya, kami sudah lebih 30 persen dari yang diharapkan," sebutnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com