Wali Kota Medan Tinjau Vaksinasi di Masjid Al Ikhlas Medan Johor


399 view
Wali Kota Medan Tinjau Vaksinasi di Masjid Al Ikhlas Medan Johor
Foto: Dok/ Diskominfo Medan
TINJAU: Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau vaksinasi massal yang digelar BKPRMI Medan, di Masjid Al Ikhlas, Jalan Karya Tani Medan Johor, Minggu (22/8/2021).
Medan (harianSIB.com)

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau vaksinasi massal yang digelar BKPRMI Medan, di Masjid Al Ikhlas Jalan Karya Tani Medan Johor, Minggu (22/8/2021).

"Vaksinasi ini diharapkan akan semakin mempercepat herd immunity dan menekan angka penyebaran Covid-19 di Medan," kata Bobby, didampingi Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Mardohar Tambunan, Kabag Prokopim Arahman Pane dan Camat Medan Johor Zul Fahri Ahmadi.

Pemko Medan, ujar Bobby, terus menggenjot vaksinasi bagi masyarakat untuk mencapai target yang telah ditentukan. Selain itu, program vaksinasi ini juga dikejar untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan mempercepat herd immunity atau kekebalan tubuh masyarakat Medan.

Menurutnya, Medan memiliki 1.115 masjid. Selain tempat ibadah masjid juga sebagai pusat peradaban umat. Apalagi, di tengah bencana alam pandemi Covid-19, rumah ibadah dapat menjadi tempat untuk menyehatkan tubuh, salah satunya menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi bagi remaja masjid. Oleh karenanya, vaksinasi yang digelar BKPRMI ini perlu diapresiasi.

"Sebelum terealisasi vaksinasi ini, pengurus BKPRMI melakukan pertemuan dengan kami dan menyampaikan keinginannya untuk menggelar vaksinasi sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah. Permintaannya langsung kami penuhi dan Apresiasi karena merupakan wujud dukungan dari salah satu visi misi kita yakni untuk menyehatkan masyarakat," kata Bobby Nasution.

Bobby menjelaskan vaksinasi kolaborasi Pemko Medan dan BKPRMI menargetkan 1.000 remaja masjid. Selain di masjid Kecamatan Medan Johor, vaksinasi ini juga dilakukan serentak di masjid di 4 kecamatan lainnya.

"Ditargetkan 200 remaja di setiap masjid mendapatkan suntikan vaksin. Kita juga terus meminta BKPRMI agar dapat mengajak masyarakat untuk berkenan divaksin," harapnya.

Ia jug mengatakan mulai hari ini, Minggu (22/8/2021), vaksin tahap kedua sudah dapat dilakukan di setiap puskemas di Medan.

Kata Bobby, vaksinasi dilakukan per wilayah. Untuk itu, masyarakat harus paham Pemko Medan bukan menunda atau tidak mau melakukan vaksinasi tahap kedua, tetapi karena dosis yang tersedia terbatas dan belum cukup untuk Medan.

"Jika dosisnya banyak, dengan segera kami akan melakukan vaksinasi agar masyarakat sehat dan tercapai herd immunity. Oleh sebab itu, saya minta masyarakat bersabar untuk mendapatkan vaksin," kata Bobby.

Sebelumnya, Ketua Umum DPD BKPRMI Medan Erwinsyah Hasibuan menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini terwujud setelah pertemuan silaturahmi dengan Wali Kota Medan.

Dari pertemuan tersebut, katanya, mereka sepakat bagaimana mengikhtiarkan masyarakat khususnya remaja masjid dari penyebaran Covid-19, yakni dengan menggelar vaksinasi massal bagi remaja masjid. Vaksinasi dilakukan di 5 masjid di 5 kecamatan dengan target 1.000 remaja masjid.

"Awalnya kami pesimis vaksinasi bagi remaja masjid ini dapat sesuai target. Sebab, masih ada stigma yang kurang baik di tengah-tengah remaja masjid. Namun dengan keyakinan dan ikhtiar, kami dapat meyakinkan remaja masjid bahwa vaksin aman dan baik untuk tubuh agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Bahkan saat pelaksanaannya antusias remaja masjid sangat tinggi," jelasnya.

Usai meninjau vaksinasi remaja masjid, Wali Kota Medan bergerak menuju Taman Cadika Medan meninjau sarana olahraga dalam rangka persiapan PON.
Namun perjalanannya terhenti karena dengan spontan Bobby Nasution turun dari mobil dan menyapa warga di rumahnya.

Kehadiran orang nomor satu di Medan ini, disambut bahagia warga dan mereka menyampaikan keinginannya untuk mendapatkan vaksin.

Bobby langsung meminta Kabid Kesmas Dinas Kesehatan dan Camat Medan Johor untuk mendata warga tersebut agar terdaftar sebagai penerima vaksin. Selain mendengarkan keluhan, Bobby juga menyerahkan bantuan secara pribadi berupa paket bahan pangan. Diharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi.

"Ini ada bantuan saya berikan secara pribadi. Saya harapkan kita tetap dapat menjaga prokes agar terhindar dari Covid-19 dan Medan dapat Keluar dari PPKM level 4," ujar Bobby. (*)

Penulis
: Robert
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com