Upayakan Medan Turun ke PPKM Level 2

Wali Kota Minta OPD Beserta Camat Pastikan 3T dan 5M, Serta Tingkatkan Vaksinasi


121 view
Wali Kota Minta OPD Beserta Camat Pastikan 3T dan 5M, Serta Tingkatkan Vaksinasi
(Foto : Dok/Diskominfo Medan)
Gelar Pertemuan :  Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menggelar pertemuan dengan seluruh OPD dan Camat se-Kota Medan di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan, Jumat (24/5). 
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution meminta pimpinan OPD dan para camat se-Kota Medan memastikan testing, tracing, treatment (3T) dan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas (5M) diterapkan, serta meningkatkan vaksinasi. Hal itu disampaikan Bobby ketika menggelar pertemuan dengan seluruh OPD dan Camat se-Kota Medan di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan, Jumat (24/5). Pertemuan itu digelar untuk membahas penanganan Covid-19 dalam PPKM Level 3, serta upaya Pemko Medan untuk turun ke PPKM level 2, maupun PPKM level 1 dan zona hijau.

Dalam pertemuan yang dihadiri Sekda Wiriya Alrahman dan pimpinan OPD itu, Wali Kota Medan meminta seluruh jajaran untuk terus berperan aktif dalam penanganan Covid-19. Meski saat ini PPKM Kota Medan turun ke level 3, wali kota meminta semua pihak tetap waspada dan meningkatkan upaya untuk kembali turun level, dengan terus melakukan pengawasan dan mendisplinkan masyarakat agar tetap mengikuti dan mentaati Prokes saat beraktivitas.

"Pastikan 5M dan 3T diterapkan dengan baik di wilayah masing-masing. Khususnya rracing dan testing harus diperkuat lagi. Jika ada yang terkonfirmasi positif, maka 15 orang di sekirarnya harus kita tracing dan testing," katanya.

Bobby juga meminta OPD dan Camat mengupayakan agar warga yang terkonfirmasi positif untuk masuk ke Isoter, bukan Isoman. Sesuai ketentuan, pasien terkonfirmasi wajib mendapatkan pelayanan kesehatan di Isoter. "Saya menilai intensitas warga masuk Isoter berkurang, padahal fasilitas Isoter sudah sangat lengkap. Untuk itu upayakan warga yang terkonfirmasi positif agar masuk Isoter agar penanganannya lebih cepat dan maksimal," jelasnya.

Mengingat ketersediaan vaksin saat ini sangat banyak, Bobby meminta OPD dan Camat lebih aktif mengajukan vaksin ke Dinas Kesehatan agar target vaksinasi tercapai. Seperti contoh, lanjutnya, Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan, harus diketahui berapa jumlah sopir angkutan dan guru maupun pelajar yang sudah divaksin.

Untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19 di PPKM level 3, Bobby meminta Dinas Perhubungan memperketat pintu masuk Kota Medan baik di perbatasan menuju tempat wisata maupun pintu masuk dari laut. (Rel/ A16/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com