Wali Kota Pematangsiantar Buka Pelatihan Amil Zakat dan Pengelolaan Zakat


186 view
Wali Kota Pematangsiantar Buka Pelatihan Amil Zakat dan Pengelolaan Zakat
(Foto: Dok. Kominfo Pematang Siantar)
Walikota Susanti Dewayani membuka Pelatihan Amil Zakat dan Pengelolaan Zakat di Aula Kantor DP MUI Pematang Siantar, Minggu (22/10/2023). 
Pematangsiantar (SIB)
Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA membuka pelatihan amil zakat dan pengelolaan zakat, terkait Undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 tahun 2014 oleh Komisi Hukum, Hak Azasi Manusia (HAM) dan perundang-undangan MUI Kota Pematangsiantar di aula DP MUI Kota Pematangsiantar, Minggu (22/10).
Pelatihan amil zakat dan pengelolaan zakat ini, kolaborasi antara Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Pematangsiantar bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan menghadirkan narasumber, Ketua Baznas Provinsi Sumut, Prof Dr H Mohammad Hatta.
Mengawali sambutannya, Susanti Dewayani SpA mengapresiasi dilaksanakannya pelatihan amil zakat dan pengelolaan zakat tersebut. Dia menyebut, zakat memiliki peran penting dalam mengentaskan kemiskinan.
"Untuk itu, perlu pengelolaan secara profesional agar tepat sasaran dan benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan. Semoga pelatihan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pengelola zakat yang mengikuti kegiatan ini,” kata Susanti di hadapan para peserta pelatihan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Musholla dan Masjid di Kota Pematangsiantar, serta Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemko Pematangsiantar.
Susanti mengatakan, pengelolaan zakat secara profesional mencakup perencanaan pelaksanaan, pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat tersebut, agar tepat sasaran dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Dan tidak kalah penting adalah, monitor dan evaluasi pengawasan tentang pelaksanaan zakat ini.
Sementara Ketua BAZNAS Kota Pematangsiantar, Muslimin Akbar mengucapkan terimakasih kepada DP MUI Kota Pematangsiantar atas pelaksanaan kegiatan.
Sinergi MUI dengan BAZNAS yang pertama adalah tegak hukum Islam, salah satu di antara banyak hukum yang dilaksanakan adalah pelaksanaan pembayaran zakat karena hukumnya wajib.
Ia menambahkan, sejauh ini BAZNAS Kota Pematangsiantar telah melakukan bedah rumah di empat titik. Mereka (fakir miskin) akan mendapatkan fasilitas hak-hak (mereka) di atas kewajiban-kewajiban (zakat).
Senada dengan itu, Ketua DP MUI Kota Pematangsiantar Drs HM Ali Lubis melalui Sekretaris Umum DP MUI Pematangsiantar H Ahmad Ridwansyah Putra menyebutkan, pelatihan ini arahnya kemanusiaan. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com