Wali Kota Pematangsiantar Serahkan BST ke 96 Penyandang Disabilitas


167 view
Wali Kota Pematangsiantar Serahkan BST ke 96 Penyandang Disabilitas
Foto Dok/Kominfo Pematangsiantar
FOTO BERSAMA : Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani SpA foto bersama dengan penyandang disabilitas seusai menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial RI di pantai jompo Provinsi Sumut di Jalan Sisingamangaraja Kota Pematangsiantar, Kamis (10/11).

Pematangsiantar (SIB)

Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani SpA menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI) kepada 96 orang penyandang disabilitas di Kota Pematangsiantar di aula Panti Jompo Provinsi Sumut di Jalan Sisingamangaraja Pematang-siantar, Kamis (10/11).


Wali Kota mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI, atas kepeduliannya kepada penyandang disabilitas di Kota Pematangsiantar.


"Kemensos telah memberikan bantuan berupa kursi roda, alat bantu pendengaran, suplemen, vitamin, tongkat penyangga, kaki palsu dan lainnya. Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada penyandang disabilitas, negara kita menjamin kelangsungan hidup seluruh warga negara, termasuk penyandang disabilitas yang memiliki kedudukan hukum dan hak asasi yang sama sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia," katanya.


Pemerintah akan terus memberikan perhatian, melakukan berbagai upaya, dengan memberikan hak pendidikan, pelatihan dan pembinaan khusus untuk penyandang disabilitas.


Termasuk memberikan ruang-ruang bagi penyandang disabilitas, maupun ranah pekerjaan. Misalnya, terdapat slot atau formasi khusus bagi penyandang disabilitas.


Oleh karena itu, sudah seharusnya semua terus berbenah, meningkatkan kesadaran atas pemenuhan hak penyandang disabilitas.


Masyarakat penyandang disabilitas dan keluarganya termasuk dalam kelompok rentan, tentunya memerlukan perhatian.


"Kita perlu memberikan dukungan dan pelayanan untuk meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan kesamaan hak-hak bagi penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari," terangnya.


Keluarga sebagai lingkungan terdekat, menjadi bagian utama dan memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas.


Dukungan sosial lainnya yang dapat diberikan berupa perasaan positif, pengakuan, memberikan perhatian dan bantuan langsung dalam bentuk tertentu.


"Dukungan sosial keluarga dan lingkungan ini dapat menjadi kekuatan tambahan bagi para penyandang disabilitas untuk membuat hidup mereka lebih bermakna," katanya.


Kepada 96 penyandang disabilitas yang menerima BST, Wali Kota Susanti berharap bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik.(D8/d)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com