Wali Kota Tebingtinggi dan Kapolres Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia


105 view
(Foto: Dok/Humas Polres Tebingtinggi)
TINJAU: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan bersama Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso didampingi Kadis Kesehatan, Nanang Fitra Aulia saat tinjau proses vaksinasi lansia di GOR Asber, Jalan Gunung Leuser, Kamis (27/5). 
Tebingtinggi (SIB)
Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan dan Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso meninjau proses vaksinasi untuk orang tua lanjut usia (Lansia) tahap pertama digelar di GOR Asber, Jalan Gunung Leuser, Kamis (27/5), seperti dilansir harianSIB.com.

Kegiatan ini dilaksanakan TNI, Polri dan Pemerintah Tebingtinggi dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 sekaligus menyambut Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada 29 Mei.

Peninjauan vaksinasi tersebut juga diikuti Kadis Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, Kadis Kominfo, Dedi Parulian Siagian, serta Kepala BPBD Wahid Sitorus.

Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan memberikan apresiasi kepada Kapolda Sumatera Utara dan Kapolres Tebingtinggi yang telah bersungguh-sungguh bekerjasama dalam melaksanakan vaksinasi massal lansia yang dilaksanakan secara gratis.

"Vaksinasi yang dilakukan pemerintah secara gratis. Tidak ada biaya yang dibebankan," kata Umar.

Lanjutnya, proses vaksinasi harus dilakukan pemeriksaan dini oleh tim medis. Jika tidak memenuhi persyaratan, masyarakat tidak dapat divaksin.

"Jika petugas menyatakan belum bisa divaksin, jangan paksa karena mungkin tensi, denyut jantung terlalu tinggi sehingga perlu observasi lebih lanjut dan, apabila ada penyakit agar disampaikan," ujar Wali Kota.

Umar juga mengingatkan vaksinasi tahap kedua dilakukan 28 hari setelah divaksin, kalau ada gangguan selama proses vaksin ini berjalan dalam tempo 3 hari, laporkan ke Puskesmas terdekat atau RS Kumpulan Pane, RS Bhayangkari atau RS Sri Pamela.

"Insyaallah vaksin ini aman, kami memantau terus dari pada kesehatan Bapak, Ibu sekalian. Bagi masyarakat yang sudah disuntik vaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19," pesan Umar.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan tetap memantau kondisi lansia pasca vaksinasi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Dinas Kesehatan akan tetap memantau kondisi lansia yang sudah divaksin pasca vaksinasi ini. Kami sangat berharap tetap melaksanakan protokol kesehatan. Vaksin ke-2, 28 hari setelah vaksin pertama. Semoga Kota Tebing Tinggi terbebas dari Covid-19 dan kami berterimakasih kepada lansia Kota Tebingtinggi yang partisipannya cukup tinggi," tutup Kadis Kesehatan.

Sementara itu, Kapolres, AKBP Agus Sugiyarso, mewakili Kapolda juga berpesan agar tetap menjaga protokol kesehatan dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan agar dikoordinasikan dengan baik.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, tertib menjaga jarak dan hindari kerumunan. Kami petugas dari Kepolisian siap membantu dalam hal pelaksanaan", tutup Kapolres. (SS12/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com