Wamentan Kunker, Bupati Targetkan Sergai Jadi Lumbung Beras Nomor Satu di Sumut


267 view
Wamentan Kunker, Bupati Targetkan Sergai Jadi Lumbung Beras Nomor Satu di Sumut
(Foto Dok/Diskominfo Sergai)
PANEN PADI BERSAMA : Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi didampingi Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan beserta unsur lainnya saat melakukan panen padi bersama di Desa Gempolan, Kecamatan Seibamban, Rabu (28/9). 

Sergai (SIB)

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Hasnul Qolbi bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Gempolan, Kecamatan Seibamban, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) untuk mengikuti panen padi bersama, Rabu (28/9).


Kedatangan Wamentan disambut langsung Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan.


Di sela panen padi bersama, Bupati Darma Wijaya menyampaikan terimakasih atas kesediaan Wamentan berkunjung ke Tanah Bertuah Negeri Beradat.


Hal ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat terhadap perkembangan yang terjadi di daerah.


Darma Wijaya menerangkan, Kecamatan Seibamban adalah daerah dengan luas sawah terbesar di Sergai yakni mencapai 5.000 hektare.


Sedangkan, secara keseluruhan, Sergai memiliki 31.284 hektare lahan pertanian padi.


Pria yang akrab disapa Bung Wiwik itu pun menyebut, Pemkab Sergai memiliki visi untuk mewujudkan Sergai Maju Terus (mandiri, sejahtera dan religius).


Sebagai upaya mencapai visi dimaksud, pihaknya telah mencanangkan tujuh program yang dinamai Sapta Dambaan (SAPDA).


Salah satunya yaitu mewujudkan pertanian yang mandiri dan berkelanjutan.


"Serdangbedagai merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan angka statistik pertanian tahun 2021, produksi gabah padi mencapai 363.623 ton atau setara dengan 230.000 ton beras,” ujarnya.


Di masa pendemi Covid-19, hampir seluruh sektor perekonomian mengalami penurunan.


Hanya sektor pertanian yang tetap mencapai pertumbuhan positif.


Hal itu menunjukkan sektor pertanian mampu berperan ganda sebagai penjaga stabilitas nasional sekaligus penopang pertumbuhan perekonomian," ungkap Bupati.


Darma Wijaya juga mengutarakan, pihaknya memiliki target menjadikan Kabupaten Sergai sebagai lumbung beras nomor satu di Sumatera Utara.


"Jadi, ke depannya, Sergai kita targetkan untuk menjadi lumbung beras nomor satu di Sumut," tegasnya.


Menurutnya, ada beberapa langkah yang bakal dilaksanakan untuk mencapai hal tersebut antara lain mempertahankan luas sawah yang ada dengan regulasi, pembangunan infrastruktur, optimalisasi alat dan mesin pertanian (Alsintan), penggunaan varietas unggul, penyediaan pupuk secara mandiri, intensifikasi pemantauan serta pengendalian hama dan memerbanyak kerjasama lintas sektor.


"Kita ketahui, di Sergai ini sudah cukup banyak bantuan yang diterima kelompok tani (Poktan) dari Kementerian Pertanian seperti benih, pupuk, pestisida, perbaikan irigasi, pelatihan petani, Alsintan serta sarana prasarana lainnya.


Namun, mengingat sektor pertanian harus terus ditingkatkan demi menopang swasembada pangan, maka kami sangat mengharapkan agar perhatian dan bantuan ke depannya dapat lebih ditingkatkan lagi," pungkas Bupati Sergai.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com