Warga Berharap Perbaikan Infrastruktur di Desa Mandalasena


403 view
Warga Berharap Perbaikan Infrastruktur di Desa Mandalasena
©2016 Merdeka.com
Ilustrasi perbaikan jalan.
Silangkitang (harianSIB.com)

Warga yang bermukim di Dusun Parsorean, Dusun Paya Mombang dan Dusun Wonodadi, Desa Mandalasena, Kecamatan Silangkitang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), berharap Pemkab membenahi infrastruktur di wilayah pemukiman mereka.

Selama puluhan tahun infrastruktur di dusun tersebut nyaris tidak pernah tersentuh pembangunan.

“Sudah puluhan tahun dusun di sini terbentuk, namun Pemkab belum pernah memberikan perhatian untuk membenahi infrastruktur yang ada. Padahal, Kabupaten Labusel sudah terbentuk belasan tahun,” kata Budi Siregar (31) warga Dusun Paya Mombang kepada harianSIB.com, Jumat (8/10/2021).

Dicontohkan, untuk infrastruktur jalan hampir selurunya masih sebatas tanah. Kalau pun ada yang sudah dilakukan perkerasan dan semenisasi dilakukan dengan swadaya masyarakat. Begitu juga dengan gorong-gorong dan jembatan yang ada. Menurutnya, hampir seluruhnya merupakan swadaya masyarakat setempat.

“Warga membangun sendiri gorong-gorong dan jembatan yang ada agar aktivitas tidak terkendala,” katanya.

Warga lainnya Aldi mengatakan, akibat infrastruktur yang tidak memadai itu, sering kali akses masyarakat terganggu, khususnya ketika musim penghujan. Padahal kata dia, warga yang bermukim di dusun-dusun tersebut jumlahnya ratusan Kepala Keluarga (KK).

“Kalau musim penghunjan jalan sulit dilalui karena jembatan terendam air, belum lagi jalan licin dan hancur. Kami berharap agar dusun kami dibenahi,” katanya.

Disebutkan, jika infrastruktur di dusun tersebut dibenahi, maka akses menuju kantor desa, kantor kecamatan, ibu kota kabupaten dan lain-lain dapat ditempuh dalam hitungan menit. Namun, saat ini waktu yang dihabiskan hampir satu jam.

“Jaringan listrik PLN saja baru masuk ke dusun kami ini tiga tahun lalu. Kami berharap pada masa pemerintahan baru ini terjadi perubahan, sehingga infrastruktur yang ada menjadi lebih layak,” katanya. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com