Warga Dairi yang Sudah Vaksin Covid-19 Masih 40 Persen


231 view
Warga Dairi yang Sudah Vaksin Covid-19 Masih 40 Persen
Foto/SIB Tulus Tarihoran
BERI KETERANGAN: Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Kadis Kesehatan, dr Ruspal Simarmata beri keterangan jumlah warga Dairi yang sudah divaksinasi, Senin (20/9) di sekretariat DPRD Dairi.

Sidikalang (SIB)

Masyarakat Dairi yang sudah divaksin Covid-19 masih 40 persen dari target sasaran, berusia di atas 18 tahun 234.820 orang. Vaksinasi diprioritaskan di daerah paling tinggi risiko penularan Covid-19.


Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Kadis Kesehatan, dr Ruspal Simarmata, Senin (20/9) di sekretariat DPRD Dairi mengatakan, rendahnya persentase jumlah warga sudah divaksin karena ketersedian vaksin terbatas. Akibat keterbatasan vaksin, Satgas Covid-19, mengambil langkah dengan membagi zonasi risiko penularan virus corona.


Saat ini, Satgas Covid- Dairi memprioritaskan 3 kecamatan sebagai zona satu yang dianggap berisiko tinggi dan daerah objek wisata yakni Kecamatan Sidikalang, Silahisabungan dan Sitinjo. "Pekan ini, ketiga kecamatan itu harus mencapai 75 persen sudah selesai vaksinasi, dilanjutkan ke zona dua," katanya.


Untuk Sidikalang, lanjutnya, jumlah terpapar dan meninggal dunia akibat Covid-19 tinggi. Selain itu, saat ini sudah dilakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SMP.


Selanjutnya kecamatan Sitinjo serta Silahisabungan, dimana kedua kecamatan itu merupakan daerah wisata yakni lokasi Taman Wisata Iman (TWI) dan Silalahi sebagai kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).


"Direncanakan kedua lokasi wisata akan segera dibuka, dengan syarat masyarakat di daerah itu sudah divaksin 75 persen," katanya.


Kemudian tahap selanjutnya, vaksinasi difokuskan di Kecamatan Sumbul dan Tigalingga. Dimana kedua kecamatan itu, aktifitas perekonomian tinggi.


Eddy KA Berutu mengaku, dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo bersama kepala daerah se-Sumut minggu lalu, presiden memaparkan bahwa Sumut, tidak mendapatkan prioritas utama.


Tetapi, presiden sudah ada kesepakatan dengan perusahaan pemasok vaksin sehingga bisa segera terpenuhi. Kekurangan vaksin akan segera terpenuhi, sehingga jumlah warga Dairi sudah divaksinasi akan terus bertambah.


"Kita optimis, jumlah warga Dairi yang divaksinasi akan terus meningkat. Apa lagi warga sangat antusias mengikuti vaksinasi," ungkapnya.(B03/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com