Warga Desa Parbuluan 2 Dairi Perbaiki Jalan


179 view
Warga Desa Parbuluan 2 Dairi Perbaiki Jalan
Foto/SIB Tulus Tarihoran
GOTONG-ROYONG: Warga Desa Parbuluan 2, Dairi gotong- royong bersama dengan karyawan PT TPL pembersihan dan perbaikan badan jalan. Terlihat alat berat bersihkan sisi badan jalan, Sabtu (5/6).
Sidikalang (SIB)
Warga Desa Parbuluan 2, Kecamatan Parbuluan, Dairi bersama karyawan PT Toba Pulp Lestari (PT TPL) bergotong-royong membersihkan dan memperbaiki jalan menuju desa tersebut, Sabtu (5/6).

Humas PT TPL Sektor Tele, Hendra Napitupulu mengatakan, perusahaan menurunkan dua unit alat berat serta karyawan membantu masyarakat memperbaiki jalan.

Kepala Desa Parbuluan 2, Marihot Sitohang mengatakan, kondisi jalan menuju Desa Parbuluan 2, sangat memprihatinkan, badan jalan banyak yang berlubang serta nyaris tertutupi semak belukar, terlebih badan jalan menghubungkan Desa Parbuluan 2 dengan Desa Parbuluan 1.

Badan jalan masih perkerasan, sehingga setiap musim hujan material batu tergerus air, karena tidak ada parit. Akibatnya, warga kesulitan mengeluarkan hasil pertanian. Kemudian ruas jalan menghubungkan Parbuluan 2 dengan Desa Parbuluan 3, sudah banyak yang berlubang dan material batu berserak.

"Kedua akses menuju Desa Parbuluan 2, masih didominasi jalan berkontruksi batu padas (perkerasan). Bahkan beberapa titik jalan tersebut sulit dilalui kendaraan roda 2 dan 4, karena material batu berserak," katanya.

Pembangunan jalan di desa itu, sudah beberapa kali diusulkan pada Musrenbang kecamatan, bahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), juga sudah disampaikan. Menurutnya, Desa Parbuluan 2 salah satu desa tertinggal dari segi infrastruktur jalan di Kabupaten Dairi. Dimana kontruksi jalan masih lebih banyak perkerasan.

Pada hal dari segi hasil pertanian, katanya, Desa Parbuluan 2, tidak kalah dengan desa lainnya. Desa tersebut mayoritas petani hortikultura seperti kentang, cabai, kol dan sayur-mayur. Akibat kondisi jalan itu, harga hasil pertanian kerap lebih murah. (B3/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com